Pemprov Gelar FGD, Persiapkan Rencana Pengelolaan DAS yang Berkelanjutan di Kalteng - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

08 August 2023

Pemprov Gelar FGD, Persiapkan Rencana Pengelolaan DAS yang Berkelanjutan di Kalteng

Foto: FGD Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Rencana Pengelolaan DAS.
PALANGKA RAYA - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Sri Widanarni mewakili Sekda Nuryakin menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Rencana Pengelolaan DAS dan Internalisasi RPDAS (Review DAS Katingan) yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang Kalteng, Selasa (8/8/2023).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saya menyambut baik terselenggaranya Forum Group Discussion (FGD) ini, diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan Dokumen Perencanaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terencana, terukur, dan akuntabel,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Dokumen Perencanaan DAS yang disusun ini dapat bermanfaat sebagai salah satu acuan, masukan, dan pertimbangan bagi rencana pembangunan sektor untuk menyusun program dan kegiatan lebih detil di wilayah DAS.

“Melalui Dokumen Rencana Pengelolaan DAS yang disusun ini, saya minta dapat juga dirumuskan usulan-usulan kebijakan urusan Kehutanan dan lainnya, yang dapat memberi kemajuan bagi pembangunan daerah Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Sesuai jadwal yang sudah direncanakan, pada kesempatan hari ini, dilakukan pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Rencana Pengelolaan DAS yang pada intinya melengkapi dan merampungkan tersusunnya Dokumen Rencana Pengelolaan DAS.

“Dokumen Rencana Pengelolaan DAS yang sedang disusun ini adalah Review Dokumen Rencana Pengelolaan DAS Katingan yang sudah disusun pada Tahun 2017. Dipilihnya DAS Katingan sebagai lokus disebabkan karena menurunnya fungsi area-area tangkapan air di wilayah Kabupaten Katingan, sehingga menyebabkan terjadinya bencana banjir pada Tahun 2021,” bebernya.

Sri menyebut, melalui Penyusunan Rencana Pengelolaan DAS ini diharapkan mampu mengetahui penyebab dan memberikan solusi untuk perbaikan Pengelolaan DAS Katingan.

Melalui FGD tersebut dirinya berharap seluruh data/informasi terkait dapat dilengkapi dan valid, sehingga dokumen perencanaan yang tersusun dapat menjadi acuan, untuk keselarasan arah kebijakan pembangunan daerah, baik dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, maupun Pemerintah Kabupaten, sesuai dengan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026.

“Mengakhiri sambutan ini, saya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak atas saran/masukan serta komunikasi yang intensif sampai dengan dirampungkannya Laporan Akhir Rencana Pengelolaan DAS. Saya juga mengucapkan selamat melaksanakan FGD Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Rencana Pengelolaan DAS. Semoga dapat berjalan lancar dan menghasilkan Dokumen Perencanaan yang baik,” pungkasnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda