UMPR Buka Kesempatan Kuliah bagi Warga Kalteng dengan Solusi Dana Terjangkau - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

07 August 2023

UMPR Buka Kesempatan Kuliah bagi Warga Kalteng dengan Solusi Dana Terjangkau

PALANGKA RAYA - Universitas Muhamadiyah Palangka Raya (UMPR) menggelar silaturahim dan coffee morning bersama unsur pimpinan UMPR dan dengan sejumlah media di Academy Cafe, Senin (7/8/2023).

“Jadi pada kesempatan kali ini kita meminta bantuan kepada rekan wartawan untuk menyebarluaskan informasi bahwa kampus UMPR membuka kesempatan bagi semua warga Kalteng untuk kuliah,” kata Rektor UMPR, Dr. M. Yusuf saat dibincangi oleh sejumlah media usai kegiatan.

Jika ada masyarakat yang kesulitan dana kata Yusuf, pihaknya akan membantu mencarikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Adapun solusinya yaitu pihaknya akan menurunkan biaya perkuliahan, kemudian meminta bantuan baik dari Pemkab dan Pemprov Kalteng agar bisa mendapatkan biaya perkuliahan. “Terkait dengan permasalahan dana untuk berkuliah, kita bisa mencari solusinya bersama-sama. Selain pengurangan biaya kuliah menjadi setengah dari yang seharusnya, kita juga akan membantu untuk mengkoordinasikan baik itu dengan Pemerintah Kabupaten/kota hingga Provinsi,” ujarnya.

"Dan pola perkuliahannya pun tidak akan menggangu mereka yang sedang bekerja,” ungkapnya.

Salah satu program UMPR adalah pola perkuliahan yang memungkinkan bagi seseorang yang telah bekerja untuk dapat berkuliah. Yakni dengan memanfaatkan teknologi saat ini, sehingga perkuliahan bisa dilaksanakan secara daring.

“Jadi para mahasiswa tidak selalu harus datang ke kampus setiap saat serta dapat diikuti bahkan dari wilayah yang jauh sekalipun misalnya di pedesaan,” jelasnya.

Menurutnya, hal itu akan mempermudah bagi calon mahasiswa dalam hal biaya, karena dapat memangkas ongkos tinggal hingga transportasi bagi mereka yang berasal dari kabupaten-kabupaten di Kalteng. Selain itu nantinya akan ada dosen-dosen yang aktif datang ke kabupaten-kabupaten tempat mahasiswa di luar Palangka Raya untuk bertemu dengan mereka. 

"Selain itu untuk penerimaan Tahun ini kita tidak memungut biaya pendaftaran untuk calon mahasiswa baru. Cukup fotocopy ijazah, KTP, KK itu kemudian untuk datanya kita upload ke Kementerian," bebernya.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru UMPR Tahun 2023 telah dibuka pada Bulan Juni lalu, dan akan dibuka hingga Bulan September mendatang. Bagi calon mahasiswa baru bisa datang langsung ke kampus Muhammadiyah atau bisa secara online. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda