Aksi Baper MP3D Kalteng, Desak Pj Kepala Daerah Dijabat Putra Daerah - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

22 September 2023

Aksi Baper MP3D Kalteng, Desak Pj Kepala Daerah Dijabat Putra Daerah

Korlap MP3D Kalteng, Ingkit Djaper. (Ist)
PALANGKA RAYA - Aliansi Masyarakat Peduli Pimpinan Putra Daerah (MP3D) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar aksi mimbar bebas di depan kantor Gubernur Kalteng, Jumat (22/9/2023) pagi.

Aksi ini bertajuk Baper atau Bawa Aspirasi Rakyat, dengan tujuan agar Pejabat (Pj) Kepala Daerah di Kalteng diisi oleh putra daerah yang berasal dari Kalteng sendiri.

Menurut Korlap MP3D Kalteng, Ingkit Djaper, mereka ingin 10 orang pejabat Bupati dan Walikota diisi oleh putra-putri Provinsi Kalimantan Tengah.

Mereka percaya bahwa putra-putri Kalteng sudah memiliki kemampuan yang cukup dan pasti bisa memahami daerahnya dengan baik.

Ingkit berharap aksi ini dapat memperoleh perhatian dari pemerintah pusat, terutama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), agar memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah yang diusulkan untuk menjabat sebagai Pj Bupati/Walikota.

“Sangat diharapkan pemerintah pusat tidak mengabaikan reaksi dan tuntutan ini. Berikanlah kami, masyarakat Kalimantan Tengah, kesempatan untuk berkarya di daerah kami sendiri,” tegas Ingkit.

Ingkit juga menekankan bahwa jika tuntutan mereka tidak diakomodir, maka pemerintah pusat secara tidak langsung menunjukkan ketidakperhatian terhadap keberadaan dan suara masyarakat Kalimantan Tengah.

“Jika pemerintah pusat tidak memberikan kesempatan kepada kami, maka itu menunjukkan bahwa mereka tidak menghargai keberadaan dan suara masyarakat Kalimantan Tengah dengan baik. Meski ada peraturan di Kemendagri mengenai usulan Pj, tetapi berilah kami kesempatan,” pungkasnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda