Deretan Prestasi Pasangan Fairid-Umi Selama 5 Tahun Menjabat Di Palangka Raya - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

21 September 2023

Deretan Prestasi Pasangan Fairid-Umi Selama 5 Tahun Menjabat Di Palangka Raya



Palangka Raya - Dibawah kepemimpinan Walikota Fairid Naparin dan Wakil Walikota Umi Mastikah selama 5 tahun ini, begitu banyak perkembangan dan kemajuan di Kota Palangka Raya. 

Sambutan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin saat memimpin Apel Besar bagi ASN di Lingkungan Pemerintahan Kota Palangka Raya yang bertempat di Halaman Kantor Walikota Palangka Raya mengatakan bahwa kinerja makro pembangunan Kota Palangka Raya pada tahun 2018-2022 secara keseluruhan mengalami pertumbuhan yang signifikan khususnya indikator Indeks Pembangunan Manusia sebesar 0,66%, Pendapatan Per Kapita sebesar 4,88% dan PDRB Per Kapita sebesar 15,40%.

Fairid juga menjelaskan Saat Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia dan berdampak global juga turut mempengaruhi indikator Tingkat Kemiskinan, Tingkat Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi yang mengalami kenaikan di tahun 2020-2021.

"Pemerintah Kota Palangka Raya dengan segala upaya dan komitmen saling berkolaborasi memulihkan perekonomian Kota Palangka Raya hingga di tahun 2022, angka Tingkat 

Kemiskinan mengalami penurunan sebesar 5,48% dan Tingkat Pengangguran menurun sebesar -2,93%." ucapnya. 

Lebih lanjut dikatanya Dari segi infrastruktur yang terbangun di lima Kecamatan, per Januari 2023 kondisi jalan kategori mantap (kondisi jalan Baik dan Sedang) sebesar 64,14% dan tidak mantap (kondisi jalan Rusak Ringan dan Rusak Berat) sebesar 35,86%. Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang positif terhadap capaian Pembangunan Infrastruktur dan kewilayahan di Kota Palangka Raya. 

"Infrastruktur yang terbangun secara kokoh dan merata harus diimbangi dengan lingkungan hidup dan hutan yang berkualitas serta tanggap terhadap perubahan iklim. Berdasarkan data di Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Capaian Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya tahun 2022 sebesar 73,97 dengan Kategori Baik. Capaian ini dapat menjadi acuan bagi Pemerintah Kota Palangka Raya untuk menjaga kondisi tersebut bahkan lebih meningkatkan nilai Indeks Kualitas Lingkungan Hidup melalui berbagai program kegiatan terpadu serta upaya pencegahan kerusakan lingkungan oleh instansi terkait."jelasnya lagi. 

Sementara itu Walikota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan bahwa hampir 100 Penghargaan yang didapat Oleh pemerintah Kota Palangka Raya salah satunya adalah Penghargaan Adipura. 

"Palangka Raya kini menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Selain capaian-capaian luar biasa dalam bidang sebelumnya, Kota Palangka Raya juga menjadi inspirasi melalui prestasi-prestasi yang diraih, " Pungkas nya. 

Agar diketahui selain Penghargaan Adipura ada banyak Penghargaan yang diraih pemerintah Kota Palangka Raya. Antara lain 

PPID Pemerintah Kota Palangka Raya meraih

Peringkat I Kategori Informatif;

Predikat Opini WTP 2019, 2020, 2021 dan 2022;

Penghargaan Pengarusutumaan Gender : Anugerah Prahita Ekapraya;

Penghargaan Indonesia Innovation Award 2019;

Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2021;

Penghargaan Kota Layak Anak Pratama;

Peringkat I Nasional Nilai Berorientasi Pelayanan ASN BerAkhlak;

Penghargaan Digital Innovation Award 2022;

Pewarta : Andy Ariyanto 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda