Gerdayak Indonesia Mendorong Pendidikan Berkualitas demi Kemajuan Kalimantan Tengah - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

02 September 2023

Gerdayak Indonesia Mendorong Pendidikan Berkualitas demi Kemajuan Kalimantan Tengah

Ketua Umum DPN Gerdayak Indonesia, Yansen A. Binti (Ist)
PALANGKA RAYA - Ketua Umum DPN Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia, Yansen A. Binti, mengusulkan upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal melalui sektor pendidikan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Langkah ini bertujuan untuk mewujudkan kemajuan daerah.

Dalam sebuah wawancara dengan awak media di Palangka Raya pada Sabtu (2/9/2023), Yansen menyampaikan pentingnya memperhatikan kualitas pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi favorit. Dia berharap generasi muda Kalteng memiliki akses ke pendidikan berkualitas agar anggaran pendidikan dapat digunakan secara efektif.

“Mulai dari pendidikan SD, SMP, SMA atau sederajat, untuk masuk ke Perguruan Tinggi kita berharap nantinya generasi muda kita ini dapat masuk ke Perguruan Tinggi yang favorit. Sehingga anggaran untuk pendidikan dapat benar-benar terarah,” ucapnya.

Yansen juga menekankan bahwa usulan tersebut sejalan dengan semangat pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945 dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain fokus pada bidang pendidikan, dia juga menyoroti pentingnya menjaga kebudayaan lokal agar jati diri bangsa tidak hilang.

Dia percaya bahwa jika generasi muda Kalteng memiliki daya saing yang kuat dalam hal intelektual dan budaya, mereka akan mampu bersaing di masa depan. Yansen memberi contoh bahwa untuk menjadi anggota TNI atau Polri, generasi muda harus memiliki mental dan fisik yang prima serta kecerdasan yang dibutuhkan dalam bidang tersebut. Hal serupa juga berlaku bagi mereka yang bercita-cita masuk kedokteran atau bidang lainnya.

“Kita ambil contoh, bagi generasi muda yang ingin masuk TNI atau Polri tentunya harus punya mental dan fisik yang prima. Selain itu kecerdasan juga menjadi salah satu faktor yang musti dimiliki, bagi generasi muda. Termasuk juga pendidikan lain seperti ingin masuk Kedokteran,” ungkapnya.

Dengan demikian, Gerdayak Indonesia mendukung program-program yang bertujuan membentuk generasi muda Kalteng agar memiliki SDM yang kompetitif di segala bidang. Upaya ini diharapkan dapat menciptakan masa depan cerah bagi daerah tersebut.

Pewarta : Antonius Sepriyono 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda