Gubernur Sugianto Sabran Harapkan APDESI Menjadi Sarana Memajukan Desa - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

09 September 2023

Gubernur Sugianto Sabran Harapkan APDESI Menjadi Sarana Memajukan Desa


Palangka Raya - Dalam rangka mempersiapkan pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kalimantan Tengah bulan Oktober mendatang, APDESI Kalteng melaksanakan pertemuan audiensi dengan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran.


Audiensi dilaksanakan di halaman Istana Isen Mulang, Palangka Raya dengan dipimpin langsung oleh Ketua DPD APDESI Kalteng Seger Satria,S.I.P , Ketua Dewan Pertimbangan DPD APDESI Kalteng Yusuf Roni S.Pd serta dihadiri oleh anggota APDESI yang merupakan perwakilan Kades dari beberapa Kabupaten di wilayah Kalteng.


Dihadiri oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Ketua Umum DAD Kalteng Agustiar Sabran, Sekda Kalteng H. Nuryakin, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalteng H. Aryawan, audiensi berjalan dengan santai dan penuh keakraban.


Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran yang diwawancarai awak media seusai pertemuan mengatakan bahwa Pemerintah Kalteng menyambut baik dan mendukung dengan terbentuknya asosiasi APDESI di Kalteng. Sinergi APDESI Kalteng bersama dengan pemerintah provinsi dan Kabupaten/Kota hingga Pihak Camat dan Lurah sangat diharapkan.


“ Sinergi dan komunikasi yang baik antara APDESI Kalteng dengan pihak terkait lainnya inilah yang nantinya dapat menjadi awal dalam memberikan manfaat, saling melengkapi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya untuk mendukung pembangunan desa yang maju ," tutur Sugianto.


Orang nomor satu di Kalteng ini juga berharap, dengan terbentuknya APDESI di Kalteng, nantinya dapat menjadi wadah bagi para Kepala Desa di seluruh wilayah Kalteng untuk menyusun program kerja dan sebagai sarana untuk saling bertukar informasi. 


Terlebih bagi desa-desa yang berada di pelosok wilayah terpencil, yang tidak dapat dijangkau melalui transportasi darat, APDESI ini dapat menjadi sarana untuk berbagi informasi baik itu terkait perkembangan pembangunan, ekonomi, stunting, informasi bagi ibu hamil dan informasi penting lainnya.


Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD APDESI Kalteng Seger Satria,S.I.P menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak pemerintah provinsi Kalteng dalam hal ini Gubernur Kalteng beserta Wakil Gubernur dan jajarannya yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk dapat menerima kedatangan rombongan APDESI Kalteng di Istana Isen Mulang.


" Rasa Bangga kami APDESI Kalteng kepada Gubernur yang telah mendukung kami. Gubernur dengan tekadnya untuk membuat Kalteng menjadi Kalteng penuh berkah dengan desa yang maju, dimana pembangunan suatu daerah yang maju dimulai dari desanya," tutur Seger yang merupakan Kades Tumbang Olong II, Kecamatan Uut murung, Kabupaten Murung Raya.


Ketua Dewan Pertimbangan DPD APDESI Kalteng Yusuf Roni S.Pd yang turut dibincangi oleh awak media LiputanSBM menyampaikan bahwa kunjungan audiensi APDESI Kalteng sendiri merupakan rangkaian kegiatan menjelang pelantikan DPD APDESI Kalteng yang rencananya akan dilantik bulan depan di Palangka Raya. Sebelumnya, APDESI Kalteng telah melaksanakan Musda dan satu hari yang lalu telah melaksanakan rapat koordinasi serta rapat kerja yang dihadiri oleh sekitar 100 orang Kepala Desa perwakilan dari Kabupaten di Kalteng.


" Rencananya, pengurus APDESI Kalteng akan dilantik langsung oleh DPP APDESI pusat H.Surta Widjaja. Dalam audiensi hari ini, kami APDESI Kalteng menyampaikan dan bermohon agar Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran bersedia hadir untuk mengukuhkan pengurus APDESI Kalteng periode 2023-2028 . Dan rencananya pelantikan pengurus nantinya akan dihadiri oleh seluruh Kades di Kalteng,” pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Kades Tumbang Habangoi Kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan ini.


Pewarta : Antonius Supriono 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda