Kesedihan Melanda Warga Palangka Raya Pasca Kebakaran, Pemko Siap Berikan Bantuan - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

13 September 2023

Kesedihan Melanda Warga Palangka Raya Pasca Kebakaran, Pemko Siap Berikan Bantuan

PALANGKA RAYA - Wajah warga Palangka Raya penuh kesedihan setelah terkena musibah kebakaran di Kompleks Sosial Mendawai Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya, pada Selasa malam tanggal 12 September 2023.

Banyak warga yang kehilangan hampir segalanya dan hanya bisa menyelamatkan diri dengan membawa baju yang mereka kenakan.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin saat mengunjungi warga yang terdampak kebakaran, berjanji bahwa pemerintah Kota Palangka Raya akan memberikan bantuan kepada mereka.

“Pemerintah Kota Palangka Raya akan memberikan bantuan dalam dua tahap, yaitu bantuan darurat atau jangka pendek, dan bantuan jangka panjang. Bantuan darurat ini mencakup kebutuhan harian dan kesehatan bagi warga yang terkena musibah kebakaran,” ujar Fairid kepada awak media saat melakukan kunjungan di lokasi kebakaran.

Fairid juga menjelaskan bahwa telah dibentuk posko dapur umum dan posko kesehatan untuk membantu warga yang terkena musibah kebakaran.

Ia juga mengimbau masyarakat Palangka Raya untuk memberikan bantuan melalui posko yang telah ditetapkan oleh pemerintah kota melalui camat, lurah, serta RT/RW.

Kemudian terkait dengan rencana bantuan jangka menengah dan panjang, Fairid menyatakan bahwa pemerintah kota Palangka Raya akan membahasnya lebih lanjut.

“Kami akan mempertimbangkan rencana bantuan jangka menengah dan panjang, termasuk kemungkinan penggantian rumah bagi warga yang terdampak. Namun, keputusan tersebut akan menunggu hasil investigasi dari pihak berwenang,” jelas Fairid.

Fairid juga mengingatkan agar tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk meminta bantuan namun tidak menyalurkannya kepada warga yang membutuhkan.

Sebagai informasi, kebakaran di kompleks sosial Mendawai ini menghanguskan 30 rumah dan kurang lebih 50 Kepala Keluarga terdampak.

Pewarta : Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda