Yayasan BIH dan AKBID BETARA Komitmen Mewujudkan Impian Perempuan Cerdas Menjadi Bidan Profesional - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

23 September 2023

Yayasan BIH dan AKBID BETARA Komitmen Mewujudkan Impian Perempuan Cerdas Menjadi Bidan Profesional

Bidan Sean. (Ist)

PALANGKA RAYA - Yayasan Banua Insan Harati (BIH) melalui akademi kebidanan Betang Asi Raya (BETARA) siap mewujudkan impian perempuan-perempuan cerdas yang ingin menjadi bidan profesional. Dengan pendidikan berkualitas, mereka akan memiliki daya saing dan siap bekerja dalam dunia kebidanan.

Dibawah kepemimpinan Dr. H Pangeran Syarif Abdurahman Bahasyim, S.E., M.M selaku Ketua Yayasan BIH dan H Siti Aseanti, S.ST., M.Keb yang akrab dengan sebutan Bidan Sean selaku Ketua Pembina yayasan BIH, mereka berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi lulusan. Hal ini bertujuan agar pelayanan kesehatan yang diberikan oleh lulusan AKBID BETARA dapat terstandar, bahkan di daerah-daerah terisolir atau sulit dijangkau.

“Kami ingin lulusan AKBID BETARA mampu memberikan pelayanan kebidanan yang berkualitas hingga ke daerah-daerah terpencil,” ujar Bidan Sean pada Jumat (22/9/2023).

Dengan upaya tersebut, penerimaan mahasiswa baru di Akademi Kebidanan Betang Asi Raya Palangka Raya untuk Tahun Akademik 2023/2024 mengalami peningkatan signifikan, mencapai tiga kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Mahasiswa baru berasal dari SMA, MA, dan SMK di berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, bahkan ada yang berasal dari luar Kalimantan.

“Yayasan BIH dan pengelola pendidikan AKBID BETARA terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan guna menciptakan good government,” tegasnya.

Salah satu strategi penting yang dilakukan adalah memperluas kemitraan untuk menciptakan peluang kerja bagi lulusan.

Hal ini merupakan upaya nyata AKBID BETARA untuk menghasilkan tenaga kesehatan berkualitas dan mengurangi angka pengangguran di Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain itu, Yayasan BIH juga merencanakan perubahan bentuk pendidikan dari AKBID menjadi institusi pendidikan yang lebih besar dan dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan di Kalimantan Tengah.

Mereka berharap dalam beberapa tahun ke depan, AKBID BETARA akan bertransformasi menjadi universitas unggulan di Kalimantan Tengah dan menghasilkan lulusan yang siap bekerja baik di dalam maupun luar negeri.

Bidan Sean, yang juga merupakan bakal calon anggota DPD RI dari Kalimantan Tengah, memiliki target ambisius untuk tahun akademik 2024/2025.

Ia berharap AKBID BETANG ASI RAYA semakin dipercaya oleh masyarakat Kalimantan Tengah dengan peningkatan jumlah mahasiswa baru yang lebih banyak lagi.

“Selain itu, kita juga akan mempersiapkan lebih banyak kuota beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu dan beasiswa jalur prestasi,” demikian Bidan Sean.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda