Agama Tidak Hanya Berbicara Masalah Akidah - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

06 October 2023

Agama Tidak Hanya Berbicara Masalah Akidah



Palangka Raya - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan acara pengukuhan Pengurus Majelis Dai Kebangsaan Provinsi Kalimantan Tengah untuk masa bakti 2023-2026, di Hotel Luwansa jalan G.Obos Kota Palangka Raya. Kamis (05/10/2023)

Kepengurusan Majelis Da'i tersebut langsung dikukuhkan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A.

Dalam sambutan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M. A. mengatakan bahwa Majelis Da'i Kebangsaan Kalimantan Tengah dipandang perlu kehadirannya di tengah masyarakat Kalteng pada umumnya.

Dirinya juga meminta agar dengan adanya kepengurusan Dai Kebangsaan ini menjadi semangat bagi semua untuk terus bersama bekerja, bersama meningkatkan kualitas hidup beragama dan kualitas hidup berbangsa dan bernegara serta dapat bersinergi bersama pemerintah daerah.

"Agama itu tidak hanya berbicara masalah akidah saja tetapi juga berbicara masalah isu global, tentang masalah perkawinan, sosial, kemanusiaan, dan moralitas,agama mempunyai konsep tentang itu jadi agama itu hadir menjadi solusi dan memberikan pandangan pada masalah yang kita hadapi sekarang ini" jelasnya.

Menyikapi terkait dengan permasalahan sosial, remaja dan perkawinan, Ketua Umum DPW Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Provinsi Kalteng H. Rus’ansyah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menanggapi bahwa BKPRMI siap untuk bersinergi bersama Dai Kebangsaan Kalteng yang baru saja dilantik dan dikukuhkan.

“ Kami mendukung penuh dengan adanya kegiatan ini, terlebih terkait dengan pernikahan usia dini, Kemenag melalui Binmas Islam dan KUA selalu memberikan pemahaman dan nasehat pernikahan bagi Catin. Dengan adanya kepengurusan Dai Kebangsaan Kalteng ini diharapkan dapat mengurangi dampak pengaruh global terhadap meningkatnya pernikahan dini,” tutur H.Rus"ansyah.

Untuk diketahui, BKPRMI Kalteng memiliki Lembaga Peneguhan dan pembinaan keluarga sakinah yang memberikan pemahaman untuk menuju keluarga sakinah melalui kegiatan ibu yang membina PAUD yang berbasis Masjid yang disebut Taman Asuh Anak Muslim (TAAM). Selain itu adapun gerakan nyata di lembaga tingkat Al-Quran yang bertujuan memberikan motivasi dan dorongan bagi anak muda untuk memberikan pemahaman dan pendalaman agama yang diharapkan dapat mengurangi hal-hal yang bersifat negatif.

Pewarta : Margaretha Febrianty

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda