Gubernur Kalteng Berharap, Majelis Dai Kebangsaan Dapat Berperan Aktif Meningkatkan Pemahaman Islam Yang Rahmatan Lil Alamin - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

05 October 2023

Gubernur Kalteng Berharap, Majelis Dai Kebangsaan Dapat Berperan Aktif Meningkatkan Pemahaman Islam Yang Rahmatan Lil Alamin



Palangka Raya - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan acara pengukuhan Pengurus Majelis Dai Kebangsaan Provinsi Kalimantan Tengah dengan masa bakti 2023-2026, di Hotel Luwansa jalan G Obos Kota Palangka Raya. Kamis, 05/10/2023.

Pengurus Majelis Da'i secara langsung dikukuhkan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin,M.A.

Sambutan Gubernur Kalimantan Tengah yang dibacakan oleh asisten III Ir. Sri Suwanto M. Si, mengatakan bahwa Majelis Dai Kebangsaan merupakan lembaga yang berperan dalam meningkatkan kualitas dakwah, di Indonesia. Majelis Dai Kebangsaan memiliki tugas untuk membina dan mengembangkan dai-dai yang profesional dan kompeten, serta meningkatkan kualitas materi dan metode dakwah.

"Pada masa bakti yang baru ini, saya berharap Majelis Dai Kebangsaan Provinsi Kalimantan Tengah dapat terus berperan aktif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ajaran Islam yang rahmatan lil alamin dan Majelis Dai Kebangsaan juga dapat berperan dalam mencegah dan menanggulangi radikalisme dan intoleransi di Kalimantan Tengah."ucapnya.

Gubernur juga berharap Majelis Dai Kebangsaan dapat menjadi mitra Pemerintah dalam menyebarkan nilai-nilai agama yang positif dan konstruktif, oleh karena itu, Majelis Dai Kebangsaan perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Daerah, organisasi keagamaan, dan masyarakat luas. Semoga pengukuhan Majelis Dai Kebangsaan dapat memberikan manfaat yang besar bagi umat Islam dan masyarakat Kalimantan Tengah.

"Saya yakin, dengan kerja keras dan sinergi dari semua pihak, Majelis Dai Kebangsaan Provinsi Kalimantan Tengah dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat mewujudkan Kalimantan Tengah yang damai dan sejahtera," kata Gubernur lagi dalam sambutannya.

Sementara itu Sambutan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. Phil. H.Kamaruddin Amin, M. A. mengatakan bahwa dilihat dari struktur kepengurusan Majelis Dai Kebangsaan ini sudah lengkap karena para anggotanya terdiri dari kementrian agama,juga ada dari MUI serta seluruh Ormas Islam yang ada di Kalimantan Tengah.

"Ini adalah sebuah refleksi realitas dalam pengurus Agama ini perlu ada sinergi dan kolaborasi dari seluruh komponen masyarakat, agama tidak bisa diurus oleh pemerintah saja tetapi harus bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat,"ucapnya.

Dirinya juga meminta agar dengan adanya kepengurusan Dai Kebangsaan ini menjadi semangat bagi semua untuk terus bersama bekerja, bersama meningkatkan kualitas hidup beragama dan kualitas hidup berbangsa dan bernegara 

"Agama itu tidak hanya berbicara masalah akidah saja tetapi juga berbicara masalah isu global, tentang masalah perkawinan, sosial, kemanusiaan, dan moralitas,agama mempunyai konsep tentang itu jadi agama itu hadir menjadi solusi dan memberikan pandangan pada masalah yang kita hadapi sekarang ini, "jelasnya.

H. Kamaruddin Amin berharap dengan dikukuhkannya pengurus Dai Kebangsaan ini bisa bermanfaat dan barokah bagi semuanya.

"sekali lagi saya berterima kasih dan bersyukur serta berharap kepada pengurus Dai Kebangsaan ini bisa betul-betul hadir ditengah -tengah masyarakat dalam konteks kita bebangsa dan bernegara. "pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda