Hera Nugrahayu Sidak Gudang Bulok, Kepala Wilayah Pastikan Ketersediaan Beras Aman - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

10 October 2023

Hera Nugrahayu Sidak Gudang Bulok, Kepala Wilayah Pastikan Ketersediaan Beras Aman



Palangka Raya - Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu setelah memimpin rapat bersama OPD tentang Reformasi Birokrasi Tematik sekaligus membahas tentang inflasi di Kota Palangka Raya langsung menuju Gudang Bulog wilayah Palangka Raya, jalan Tjilik Riwut, Km. 7.

PJ Walikota Palangka Raya datang bersama PLH Sekda kota dan jajaran dari Disperindag Kota Palangka Raya. Senin (10/10/2023).

Dihadapan awak media PJ Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan Kehadiran Mereka di bulog adalah untuk mengetahui secara langsung ketersediaan beras di gudang Bulog kota Palangka Raya, hal ini disebabkan karena ada kenaikan harga beras di setiap daerah.

"Penyebab dari kenaikan ini kemungkinan karena gagal panen akibat cuaca cuaca, Untuk kota Palangka Raya sendiri ada indikasi dan terdeteksi adanya peningkatan namun kita sudah siaga untuk segera menstabilkan harga pasar," ucapnya.

Hera juga mengungkapkan bahwa Dalam pengendalian Inflasi di kota Palangka Raya ada dua yang pertama adalah tim pengendali inflasi daerah dan kedua tim satgas pangan kota Palangka Raya dan kedua tim ini saling berkaitan.

"Teknis dalam upaya menstabilkan harga bahan pokok ini kita akan memperhatikan semua distribusi bahan pokok ini lancar apakah itu dari Banjarmasin atau dari arah Kotawaringin Timur," bebernya.

Awak media juga sempat menanyakan kepada PJ Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu apakah perbaikan jalan di Kameloh Baru berdampak kepada inflasi di kota Palangka Raya? Dia katakan bahwa semua menginginkan infrastruktur yang baik dan juga berharap agar jalan tersebut cepat selesai. 

'Jadi yang kita jaga sekarang jangan sampai perbaikan itu menyebabkan jalur distribusi bahan pokok terhambat sehingga menyebabkan inflasi bertambah, Jadi kita sudah bekerjasama secara teknis Dinas perhubungan Kota Palangka Raya sudah stay disana agar tidak ada penumpukan dan antrian terlalu lama," bebernya.

Lebih lanjut Hera katakan bahwa Pemerintah kota Palangka Raya sudah menyurati Balai Bina Marga terkait dengan kondisi jalan di Kameloh Baru dan mau intervensi untuk bisa mengawal mobil-mobil angkutan yang membawa bahan pokok dan yang mengawal adalah Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, sehingga pendistribusian bahan pokok lancar.

"Tiga bulan terakhir sangat krusial critical timenya tiga bulan ini kita menjaga, bila di Oktober ini inflasinya rendah, November rendah jadi biarpun Desember naik sedikit kita tetap masih bisa menjaga inflasi tetap rendah." Katanya lagi.

Sementara itu Kepala wilayah Bulog Budi Cahyanto mengatakan bahwa kunjungan PJ Walikota Palangka Raya terkait masalah inflasi di Kota Palangka Raya.

"Kita sudah masuk di triwulan terakhir jadi PJ Walikota Palangka ingin memastikan stok Bulog seperti apa," ucap Budi di hadapan awak media.

Budi juga mengatakan stok Bulog saat ini masih aman yakni 4000 ton jadi di 3500 ton beras medium untuk operasi pasar dan 500 ton untuk yang premium dan potensinya beras ini akan terus bertambah.

"Bulog punya dua program untuk pengendalian harga di pasar pertama SPHP operasi pasar dan yang kedua bantuan pangan yang gratis langsung ke masyarakat serta ada lagi kita bekerjasama dengan Provinsi yakni bantuan beras bersubsidi untuk pasar penyeimbang, Jadi masyarakat tidak perlu panik karena stok Bulog dari beras, minyak goreng,tepung terigu masih aman dan ini masih terus bertambah," pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda