Pemko Palangka Canangkan 11 Desa Bersinar - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

26 October 2023

Pemko Palangka Canangkan 11 Desa Bersinar


Palangka Raya - PJ. Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu menghadiri sekaligus membuka Pencanangan kelurahan bersinar di Kota Palangka Raya tahun 2023 dan monitoring dan evaluasi pelaksanaan advokasi program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan desa.

Giat yang digelar oleh BNN Kota Palangka Raya ini diikuti oleh Dua daerah di Kalimantan Tengah yakni Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas, dan acara ini bertempat di Hotel Luwansa Kota Palangka Raya. Kamis (26/10/2023).

PJ Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu di hadapan awak media mengatakan bahwa kegiatan ini mempunya makna yang sangat strategis dalam rangka memerangi narkoba khususnya di Kota Palangka Raya.

"Pemerintah Kota Palangka Raya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh BNN ini, akan tetapi kegiatan ini tidak dapat berjalan lancar bila tidak ada dukungan dari semua pihak," ucapnya.

Hera juga mengatakan pencanangan desa bersinar ini sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu dan akumulasi nya ada 11 kelurahan bersinar di Kota Palangka Raya.

Hera juga menjelaskan bahwa upaya yang dilakukan pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal penanganan bebas narkoba dengan melakukan pendekatan yang komprehensif, multi sektor, multi program dan multi perangkat daerah.

"Upaya ini harus ada program-program yang sesuai apakah itu pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan masyarakatnya,pemberdayaan kesehatan kemudian dari sisi ketenagakerjaan jadi semua perangkat daerah bisa terlibat untuk penanganan Narkoba," jelasnya lagi.

Dia juga berharap agar kegiatan ini bukan hanya seremonial akan tetapi ada tindak lanjut yang dapat berdampak pada pengurangan atau bebas narkoba pada suatu daerah khususnya Kota Palangka Raya.

Sementara itu Lurah Pahandut Seberang Pitriadi mengatakan bahwa kelurahan Pahandut seberang akan terus mensosialisasikan tentang bahaya Narkoba ini bagi generasi muda.

"Langkah-langkah kita adalah dengan mengajak karang taruna di kelurahan Pahandut untuk bersama-sama mengedukasi dan sosialisasi kepada anak-anak muda di kelurahan Pahandut tentang bahaya Narkoba bagi dirinya dan keluarga juga bangsa dan negara."pungkasnya.

Acara tersebut juga dirangkai dengan pencanangan kelurahan bersinar di Kota Palangka Raya yakni Kelurahan Pahandut seberang, Kelurahan Menteng dan Kelurahan Tumbang Rungan.

Untuk diketahui Program Desa atau Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) merupakan program unggulan yang melibatkan partisipasi aktif dan komitmen perangkat daerah bersama masyarakat desa, dalam fasilitasi, pendampingan dan pembinaan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap dan prekursor narkotika (P4GN). ( diambil dari pro.kutaitimurkab.go.id)

Pewarta : Andy Ariyanto 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda