Pemko Palangka Raya Berikan Pelatihan Agar Para Pelaku Usaha dapat Naik Kelas - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

23 October 2023

Pemko Palangka Raya Berikan Pelatihan Agar Para Pelaku Usaha dapat Naik Kelas



Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perindustrian, perdagangan, UMKM dan Koperasi Palangka Raya menggelar Pelatihan Kewirausahaan tahun 2023. Senin, 23/10/2023.

Pelatihan yang digelar selama 3 hari yakni Dari tanggal 23-25 Oktober 2023 dan bertempat di Hotel Grand global jalan Tjilik Riwut dan dibuka langsung oleh PJ Walikota Palangka Raya yang mana diwakili oleh Aratuni D Jaban Asisten 2 bidang perekonomian dan pembangunan.

Aratuni D. Jaban Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Kota Palangka Raya di hadapan awak media mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan kemampuan kepada mereka para pelaku usaha yakni UMKM untuk bisa menciptakan usaha yang permanen

"Dari usaha kecil menengah ini dengan adanya nya pelatihan ini mereka bisa naik kelas, karena di pelatihan ini diberikan kiat-kiat bagaimana berusaha dengan baik," ucapnya.

Aratuni juga mengatakan UMKM adalah soko guru perekonomian kita seperti dalam Kondisi-kondisi yang kemarin yakni Covid-19, UMKM lah yang tetap bertahan, "oleh sebab itu mereka harus diberikan lagi kemampuan dan pengetahuan dari para pakar apakah itu Akademisi, praktisi dan Birokrasi,"tuturnya lagi.

Aratuni juga mengungkapkan mengapa para pelaku usaha UMKM di Kota Palangka Raya dapat bertahan karena mereka bisa menangkap peluang-peluang yang ada dan berinovasi.

" kita bisa melihat mereka dapat menangkap 2 dari industri 4.0 yakni minuman dan makanan lalu fashion, seperti benang bintik, bajakah, lalu makanan seperti Kalakai dan lainnya inilah yang membuat mereka tetap bisa bertahan," bebernya.

Sementara itu Kepala Disperindagkop Kota Palangka Raya Samsul Rizal mengatakan bahwa Setiap pelaku usaha harus mempunyai inovasi dalam menjalankan usahanya, seperti Kopi misalnya dulu cuma air panas dan kopi sekarang sudah memakai banyak model dan macamnya 

"ikut dalam pelatihan ini ada 40 pelaku usaha UMKM yang berdomisili di Palangka Raya, Di Antara para pelaku usaha UMKM ini ada beberapa yang sudah mendapat bantuan dari pemerintah kota Palangka Raya untuk mengembangkan usahanya," jelas Samsul Rizal di hadapan awak media.

Dikatakannya juga bahwa Narasumber dalam pelatihan ini selain praktisi dan akademisi juga ada dari Bank BRI, "Kenapa ada dari Bank BRI agar mereka para pelaku usaha UMKM ini dapat menggali informasi bagaimana cara mereka dalam mendapat permodalan,"ungkapnya lagi

Terakhir dikatakannya Tujuan dari pelatihan ini adalah bagaimana cara mereka dapat memanajemen perusahaan atau usaha mereka agar dapat lebih maju dan berkembang.

Pewarta : Andy Ariyanto 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda