Pemko Palangka Raya Persiapkan Peresmian MPP - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

18 October 2023

Pemko Palangka Raya Persiapkan Peresmian MPP

Palangka Raya - Dalam rangka persiapan penyelenggaraan dan persiapan peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Palangka Raya, pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal ini dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Palangka Raya mulai mempersiapkan diri. Rabu, 18/10/2023.

Kepala Dinas PMPTSP kota Palangka Raya, H. Achmad Fordiansyah saat ditemui awak media di ruangan kerjanya menyampaikan persiapan DPMPTSP untuk peresmian MPP tersebut. Pihaknya telah berkoordinasi dan melakukan verifikasi dengan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada Rabu 18 Oktober 2023 lalu.

“ Pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal ini adalah DPMPTSP diminta untuk segera melaksanakan peresmian MPP di Kota Palangka Raya. Saya sudah melaporkan kepada Ibu PJ Walikota dan beliau sudah menyetujui untuk segera melakukan persiapan untuk peresmian MPP, karena di Palangka Raya beberapa layanan telah aktif sebanyak 13 loket pelayanan. Namun kami juga mengakui beberapa waktu terakhir terkendala karena memang terbentur dengan sarana dan prasarana dikarenakan gedung pelayanan sedang dalam tahap renovasi,” jelas Fordiansyah.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa pada tgl 10 Oktober 2023 dan paling lambat 18 Oktober 2023 sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, DPMPTSP Kota Palangka Raya akan mengajukan berkas persyaratan dan pada tanggal 31 Oktober 2023 mendatang akan dilaksanakan peresmian di Jakarta yang nantinya akan dilakukan oleh Pj Walikota Palangka Raya dengan disaksikan oleh Menteri Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD).

Dalam berkas permohonan yang diajukan, dilengkapi dengan foto dan video dokumentasi pelayanan MPP Kota Palangka Raya yang berdurasi 1 menit. Untuk diketahui, DPTSP Kota Palangka Raya telah melakukan uji coba sejak Januari tahun 2021 hingga sekarang dan tahap uji coba ini telah tercatat di pusat dan telah ditandatangani oleh Walikota sebelumnya yaitu pak Fairid Naparin dan Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. “ Inilah yang mendasari dan membuat kami untuk segera melakukan peresmian MPP di Palangka Raya,” tutur Fordiansyah.

Pj Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu saat diwawancarai media Liputansbm di sela peresmian gedung BPJS Ketenagakerjaan selasa, (17/10) membenarkan perihal persiapan tersebut. 

"Itu merupakan salah satu target yang belum sempat terselesaikan oleh bapak Fairid selaku Walikota sebelumnya, karena terbentur dengan adanya sarana dan prasarana yang belum tuntas, "Ucapnya.

Dengan adanya dorongan dari Pak menteri, dan telah dilakukan soft launching sejak dua tahun lalu, dimana telah ada kolaborasi antar berbagai pihak dan integritas pelayanan di dalam MPP, " imbuhnya.

“ Terkait dengan adanya kendala dalam hal sarpras, ini tidak dipermasalahkan oleh pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) sehingga MPP dapat diresmikan di Kota Palangka Raya, "Tambahnya

"Insya Allah pada akhir bulan Oktober mendatang, akan diresmikan dan pihak DPMPTSP dibawah pimpinan Pak Fordiansyah telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan berbagai kolaborasi dari berbagai pihak seperti pihak Kepolisian dan Kejari dalam rangka konsultasi hukum serta institusi lain yang telah mencerminkan kolaborasi tersebut dapat berjalan dengan baik,” pungkas Hera.

Pewarta : Margaretha Febrianty

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda