Rakerda IWAPI Kalteng Fokus pada Pengembangan UMKM melalui Media dan Digitalisasi - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

03 October 2023

Rakerda IWAPI Kalteng Fokus pada Pengembangan UMKM melalui Media dan Digitalisasi

Foto bersama usai pembukaan Rakerda I DPD IWAPI Kalteng.

PALANGKA RAYA - Rakerda I DPD IWAPI Kalteng telah sukses digelar di Ballroom Best Western Batang Garing Hotel Palangka Raya, Selasa (3/10/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh anggota IWAPI Kalimantan Tengah dan bertujuan untuk membahas pengembangan pemanfaatan media dan digitalisasi dalam sektor usaha, dengan harapan dapat meningkatkan daya saing ekonomi daerah.

Dalam sambutannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Sri Widanarni menyampaikan pentingnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Di Kalimantan Tengah, UMKM berkontribusi sebesar 57,2 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Sri juga menekankan bahwa pengembangan UMKM melalui media dan digitalisasi merupakan langkah penting dalam meningkatkan daya saing ekonomi daerah.

“Media dan digitalisasi dapat digunakan untuk memperluas akses pasar, meningkatkan promosi, dan meningkatkan efisiensi usaha,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina IWAPI Kalteng, Ivo Sugianto Sabran memberikan apresiasi atas dilaksanakannya rapat kerja daerah IWAPI Kalteng tersebut. Ia berharap rapat kerja itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kalimantan Tengah.

“Saya selaku Dewan Pembina DPD Iwapi Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi diadakannya rakerda ini, semoga upaya yang kita laksanakan bersama mendapatkan ridho dari Allah SWT, demi meningkatkan perekonomian masyarakat serta mewujudkan Kalteng yang semakin Berkah,” ujarnya.

Kemudian Ketua DPD IWAPI Kalteng, Hj. Asty Rizky Badjuri saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa perkembangan IWAPI Kalteng telah berjalan pesat.

Dia juga berharap dukungan dari pemerintah provinsi dalam menyediakan tempat untuk pameran UMKM binaan IWAPI di setiap kabupaten dan kota, sehingga produk UMKM dapat dikenal oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

Asty juga mengajak anggota IWAPI untuk memanfaatkan aplikasi digital yang lebih luas, seperti Facebook dan TikTok Shop, dalam memperkenalkan produk mereka.

“Di zaman serba digital ini saya ingin anggota IWAPI dalam memperkenalkan produknya jangan hanya di WA grup saja, tetapi gunakanlah aplikasi yang jangkauannya lebih luas agar bisa dilihat oleh masyarakat, seperti FB atau TikTok Shop dan lainnya,” ungkapnya.

Ia berharap agar anggota IWAPI dapat memperoleh pemikiran dan solusi yang berguna dalam menjalankan dan mengembangkan usaha mereka.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda