BPS Kalteng Raih Prestasi Gemilang, Peringkat Pertama Anugerah Keterbukaan Informasi 2023 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

11 December 2023

BPS Kalteng Raih Prestasi Gemilang, Peringkat Pertama Anugerah Keterbukaan Informasi 2023

Foto bersama saat menerima Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 di M. Bahalap Hotel.

LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil memperoleh Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik peringkat pertama pada Tahun 2023, dengan mencapai nilai luar biasa sebesar 98,70 untuk kategori informatif.

Malam penganugerahan ini merupakan bagian dari acara "Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik di Kalteng Tahun 2023" yang digelar oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalteng. Acara ini diselenggarakan di Ballroom M. Bahalap Hotel, Palangka Raya, pada Senin (11/12/2023).

Kepala BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro dalam tanggapannya menyampaikan bahwa memberikan informasi merupakan tugas pokok BPS sesuai dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi.

"Terkait informasi, ini kan sudah menjadi tugas pertama BPS ya. Tugas kami kan menyediakan data dan informasi jadi ini adalah bagian dari kewajiban sesuai dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi," kata Eko.

Selain itu, Eko juga menyoroti upaya pihaknya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada semua stakeholder.

Eko menyebut, saat ini pengguna data tidak perlu lagi datang ke BPS, karena semua informasi sudah tersedia secara online melalui website resmi, memungkinkan akses dari rumah.

Keberhasilan ini juga merupakan hasil dari upaya kontinu BPS Provinsi Kalteng, yang pada Tahun 2022 sebelumnya berhasil menempati peringkat pertama untuk kategori informatif dengan nilai 96,54.

Bahkan pada Tahun 2021, prestasi serupa telah diraih dengan peringkat terbaik menuju informatif dan nilai sebesar 95,34.

"Sejalan dengan reformasi birokrasi yang dijalankan oleh pemerintah, yang dituntut untuk dapat melakukan inovasi. Baik itu pada bidang pelayanan maupun bidang lainnya, jadi itu sudah menjadi tuntutan bagi setiap instansi tidak hanya BPS," ungkapnya.

Dengan demikian, pencapaian gemilang BPS Provinsi Kalteng bukan hanya mencerminkan keterbukaan informasi yang tinggi, tetapi juga menegaskan komitmen mereka terhadap pelayanan berkualitas dan adaptasi terhadap tuntutan reformasi birokrasi yang terus berkembang.

Prestasi ini menjadi suatu kebanggaan dan inspirasi dalam menjalankan tugas-tugas lembaga statistik untuk melayani masyarakat dan pemangku kepentingan dengan lebih baik.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda