Optimalkan Literasi Data Statistik, Workshop BPS Kalteng Tingkatkan Kualitas Liputan Wartawan - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

06 December 2023

Optimalkan Literasi Data Statistik, Workshop BPS Kalteng Tingkatkan Kualitas Liputan Wartawan

Kepala BPS Kalteng, Eko Marsoro saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan pembukaan Workshop Wartawan dan Kehumasan di M. Bahalap Hotel.
LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan Workshop Wartawan dan Kehumasan di M. Bahalap Hotel dengan tema Pers dan Literasi Data Statistik, Mencatat Pertanian Indonesia, Rabu (6/12/2023).

Ketua Panitia, Bambang, menjelaskan bahwa tujuan workshop ini adalah memberikan wawasan kepada wartawan dan Agen Statistik di UPR tentang cara membaca, memahami, dan menyajikan data statistik.

"Hal ini bertujuan agar berita yang disampaikan kepada masyarakat dapat memberikan interpretasi yang benar dan bermanfaat bagi pemerintah maupun masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala BPS Kalteng, Eko Marsoro menekankan peran penting wartawan sebagai ujung tombak pers, memiliki audiens yang beragam dari masyarakat biasa hingga pemangku kebijakan.

Dalam sambutannya, Eko mengingatkan agar wartawan berhati-hati dalam membaca data, menghindari misinterpretasi yang dapat menyebabkan kebingungan pembaca dan mempengaruhi kebijakan.

"Workshop ini merupakan yang kedua diselenggarakan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah, dengan narasumber dari Tempo dan Tim Kehumasan BPS RI," ungkapnya.

Eko berharap workshop ini tidak hanya meningkatkan literasi data statistik, khususnya data ST2023 yang baru dirilis, tetapi juga menjadi wadah untuk berbagi informasi dan pengalaman antar wartawan.

Workshop yang berlangsung sehari ini, diharapkan dapat memberikan peserta pemahaman yang mendalam dan meningkatkan kualitas liputan wartawan terkait data statistik.

Redaktur Ekonomi dan Bisnis Majalah Tempo, Retno Sulistyowati, turut hadir sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda