PMI Kalteng Dorong Peningkatan Kesiapsiagaan Melalui Mukerprov 2023 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

16 December 2023

PMI Kalteng Dorong Peningkatan Kesiapsiagaan Melalui Mukerprov 2023

Sekda Kalteng, H. Nuryakin saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng di kegiatan Mukerprov PMI.
LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya -  PMI Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Musyawarah Kerja Provinsi (Mukerprov) 2023 di Ballroom Aquarius Boutique Hotel, Palangka Raya pada Sabtu (16/12/2023).

Gubernur Kalteng, melalui Sekda Nuryakin, dalam sambutannya menyoroti kerentanan provinsi terhadap berbagai jenis bencana, termasuk yang disebabkan oleh alam, manusia, maupun faktor non-alam, seperti kebakaran hutan, banjir, dan wabah penyakit.

Sekda Nuryakin menekankan pentingnya kesadaran dan peran aktif seluruh komponen masyarakat di Kalimantan Tengah, khususnya PMI Kalimantan Tengah.

Fokusnya adalah pada kesiapsiagaan menghadapi berbagai bencana, baik yang bersumber dari alam maupun manusia.

Pencapaian ini diharapkan melalui kerjasama yang terkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosial.

Dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan masyarakat, Nuryakin mengusulkan pembentukan pengurus PMI kecamatan yang terlatih.

"Perlu adanya kesiapsiagaan yang optimal dari seluruh jajaran pengurus PMI, mulai dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota dan bahkan kecamatan," katanya.

Ia menyoroti peran penting sukarelawan dalam setiap pengurus PMI Kecamatan.

Pada kesempatan itu Nuryakin juga menyampaikan beberapa poin penting, termasuk perlunya kesiapsiagaan optimal dari seluruh jajaran pengurus PMI, koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya, dukungan untuk pengurus PMI kecamatan, dan upaya pencegahan bencana sosial.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi dan keaktifan seluruh jajaran PMI, baik di provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan, yang telah tulus ikhlas baik secara mandiri maupun secara sinergi dengan Pemerintah Provinsi dalam menjalankan kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaannya," ungkapnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda