Dewan Soroti Masih Banyak Jalan Darat yang Belum Terhubung di Kalteng - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

23 January 2024

Dewan Soroti Masih Banyak Jalan Darat yang Belum Terhubung di Kalteng

Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing.
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Masih banyak wilayah di Kalimantan Tengah yang kekurangan akses jalan darat yang memadai seperti jalan dan jembatan, menjadi sorotan dari Dewan, termasuk Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

Ia menyoroti kondisi tersebut, khususnya di wilayah pedalaman, di mana penduduk sering kesulitan untuk bepergian karena kurangnya infrastruktur transportasi darat.

“Pada musim kemarau, penduduk di wilayah tersebut kesulitan bepergian karena air sungai surut, dan jalur sungai menjadi tidak dapat dilalui dengan perahu,” ucapnya pada Selasa (23/1/2024).

Duwel menekankan bahwa masyarakat di Kecamatan Pegatan dan Mendawai, Kabupaten Katingan, masih terkendala dengan kurangnya akses darat.

“Kedua wilayah di Katingan tersebut hingga saat ini belum memiliki akses darat yang memadai, sehingga penduduk harus mengandalkan perahu motor untuk berpergian melalui sungai,” ungkap Duwel.

Ia mengajak pemerintah daerah setempat untuk memberikan perhatian lebih terhadap pembangunan infrastruktur jalan tersebut, mengingat betapa pentingnya akses darat bagi kesejahteraan dan kelancaran aktivitas masyarakat di sekitar.

“Jika tidak segera diatasi, wilayah ini akan terus terisolasi. Akses darat yang memadai akan membuka potensi ekonomi dan mengurangi keterisolasian penduduk,” jelasnya.

Duwel menambahkan, pembukaan akses jalan yang layak di wilayah tersebut akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda