Gubernur Kalteng Luncurkan TABE dalam Peringatan Hari Jadi Kotim ke-71 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

21 January 2024

Gubernur Kalteng Luncurkan TABE dalam Peringatan Hari Jadi Kotim ke-71

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran. (Foto: MMC Kalteng)
LIPUTANSBM.COM, Sampit - Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, turut meramaikan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ke-71 dengan mengikuti kegiatan jalan sehat di Taman Kota Sampit pada Minggu (21/1/2024).

Dalam atmosfer yang penuh semangat, kegiatan tersebut juga menjadi panggung peluncuran Tabungan Beasiswa Berkah (TABE), sebuah inisiatif untuk mendorong pendidikan tinggi di kalangan pemuda Kalteng.

Taman Kota Sampit menjadi saksi ketika ribuan masyarakat dengan antusias berpartisipasi dalam jalan sehat, menciptakan momen kebersamaan yang membanggakan.

Gubernur Sugianto Sabran, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng saat ini mendekati 9 triliun rupiah.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan harapannya agar melalui TABE, generasi Kalteng dapat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meraih gelar S1 dan jenjang pendidikan lebih tinggi, menjadi tulang punggung pembangunan dan pemimpin di masa depan.

"Mudah-mudahan dengan adanya launching TABE ini, anak-anak Kalteng jangka panjangnya bisa berkesempatan untuk kuliah dan mendapat gelar S1 dan jenjang yang lebih tinggi, karena mereka lah yang akan menguasai Kalteng dan yang akan menjadi pimpinan-pimpinan Kalteng nantinya," ujar Gubernur.

Gubernur juga menekankan pentingnya bekerja keras agar anak-anak Kalteng dapat memiliki pendidikan yang maju, unggul, dan tangguh, yang pada gilirannya akan memberikan martabat dan kedaulatan bagi Kalteng.

Gubernur berbagi optimisme bahwa putra putri daerah ini memiliki potensi untuk menjadi pemimpin tingkat nasional, bahkan mencapai posisi presiden di masa depan.

Sementara itu, Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor juga ikut menyampaikan apresiasi atas kegiatan jalan sehat ini sebagai momentum untuk bersatu dan merayakan perjalanan panjang kemajuan Kabupaten.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait, khususnya Gubernur, yang telah menyelenggarakan acara ini. Halikinnor berharap kesehatan, kesuksesan, dan kebahagiaan senantiasa menyertai Gubernur dan keluarganya.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait khususnya Bapak Gubernur yang menyelenggarakan kegiatan ini, semoga Bapak Gubernur dan keluarga selalu diberikan kesehatan, karir yang panjang, sukses selalu dan bahagia bersama keluarga," ungkapnya.

Acara tidak hanya menyajikan kegiatan jalan sehat, tetapi juga memanjakan peserta dengan pengundian doorprize yang menggiurkan.

Gubernur Kalteng menyumbangkan lima unit rumah dan 50 paket umroh, sementara penyelenggara menambahkan satu unit mobil, puluhan sepeda listrik, sepeda gunung, dan beragam hadiah menarik lainnya.

Perlu dicatat bahwa sistem pendataan calon peserta penerima Tabungan Beasiswa Berkah (Tabe), difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, memberikan dimensi baru dalam upaya meningkatkan akses pendidikan tinggi di wilayah tersebut. Sebuah langkah positif untuk membangun masa depan yang lebih cerah bagi generasi Kalteng. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda