Gubernur Kalteng Soroti Peningkatan Ekonomi dan Capaian Luar Biasa Kotawaringin Timur dalam Peringatan Hari Jadi ke-71 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

07 January 2024

Gubernur Kalteng Soroti Peningkatan Ekonomi dan Capaian Luar Biasa Kotawaringin Timur dalam Peringatan Hari Jadi ke-71

Foto bersama Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Bupati Kotim H. Halikinnor usai memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-71 Kotim. (Foto : kotimkab.go.id)

LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur, bertempat di Halaman Stadion 29 November Sampit, Minggu (7/1/2024).

Dalam amanatnya, Gubernur memaparkan perkembangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng sejak tahun pertama kepemimpinannya pada 2015.

Dimulai dari Rp. 3,74 Triliun, angka tersebut terus meningkat dan kini mencapai puncaknya pada tahun 2024 dengan mencapai Rp. 8,6 Triliun. Proyeksi ke depan menargetkan APBD Kalteng pada tahun 2025 untuk menyentuh angka luar biasa sekitar Rp. 10 Triliun, menandakan pertumbuhan ekonomi yang sangat positif.

"Gelar kebanggaan bagi kita, Kalimantan Tengah sebagai satu-satunya Provinsi yang mencatatkan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan se-Pulau Kalimantan. Pencapaian ini adalah hasil kerja keras dan sinergi antara Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, dan berbagai pihak dalam menjaga inflasi tetap rendah," ucap Gubernur.

Tak lupa, Gubernur memberikan apresiasi kepada Bupati Kotawaringin Timur beserta Wakil Bupati dan seluruh jajaran atas kontribusi mereka dalam pembangunan.

Prestasi cemerlang termasuk berhasilnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama sembilan tahun berturut-turut, serta peringkat pertama dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi stunting tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dari tahun 2019 hingga 2023.

Capaian ini, tanpa diragukan lagi, memberikan dampak positif pada penurunan angka stunting di Kalimantan Tengah, mencapai angka 26,9 menurut hasil SSGI Tahun 2022.

Dalam suasana yang penuh semangat, Anggota DPR RI dan Ketua Umum DAD Kalteng, H. Agustiar Sabran, serta Ketua TP-PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran turut hadir, bersama dengan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, Unsur Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Timur, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Momen ini juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur periode sebelumnya, Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di Kalteng dan Kabupaten Kotawaringin Timur, serta para Sesepuh, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Pemuda Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dengan segala pencapaian dan kerjasama yang terjalin, acara peringatan ini bukan hanya menjadi ajang penghormatan terhadap sejarah Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah mencapai usia ke-71, tetapi juga menjadi momen untuk merayakan kemajuan dan prestasi yang luar biasa dalam pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda