Kalapas Kelas IIB dan Kadivpas Kalteng Diskusikan Perkembangan Lapas - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

16 January 2024

Kalapas Kelas IIB dan Kadivpas Kalteng Diskusikan Perkembangan Lapas

Kalapas Kelas IIB Sampit, Meldy Putera saat bersama Kadivpas Kalteng, Tri Saptono Sambuadji.
LIPUTANSBM.COM, Sampit - Dalam rangka evaluasi kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sampit, Kadivpas Kalteng, Tri Saptono Sambuadji, melakukan kunjungan yang fokus pada pemantauan pagar tembok Lapas yang direncanakan untuk direnovasi, Selasa (16/1/2024).

Kunjungan ini juga menjadi momen penting di mana Kadivpas memberikan pengarahan kepada pejabat struktural Lapas Sampit.

Dalam ruang kerja Kalapas, Kadivpas memberikan arahan yang mencakup beberapa aspek kunci.

Kalapas Sampit, Meldy, menyampaikan kondisi terkini Lapas, dengan penekanan pada kekurangan pegawai di bagian pengamanan.

Meldy mengungkapkan harapannya untuk mendapatkan tambahan pegawai baru, khususnya empat orang, guna memperkuat operasional Lapas.

Kadivpas Tri Saptono Sambuadji menyoroti pentingnya peran semua pegawai Lapas sebagai petugas pengamanan, baik yang terlibat dalam bidang fasilitatif maupun teknis.

"Menjaga keamanan adalah tugas semua pegawai Lapas," katanya.

Selain itu, Kadivpas mengingatkan agar pegawai Lapas tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, dengan menyoroti kasus-kasus terdahulu di Lapas lain yang melibatkan petugas Lapas.

"Sudah banyak contoh dari Lapas lain petugas Lapasnya ditangkap karena membawa narkoba, tingkatkan kewaspadaan, jalin sinergi dengan Aparat Penegak Hukum," tegas Kadivpas.

Dalam penutup arahannya, Kadivpas meminta agar seluruh jajaran petugas Lapas selalu melaksanakan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju.

Konsep ini sesuai dengan instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan, yang mencakup deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran gelap narkoba, sinergi dengan aparat penegak hukum, ditambah dengan pendekatan back to basics.

Kunjungan ini mencerminkan komitmen untuk meningkatkan kualitas dan keamanan Lapas Sampit, dengan harapan agar narasi berita ini dapat memberikan gambaran yang lebih baik terkait peristiwa tersebut. (Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda