Pemprov Kalteng dan ITB Jalin Kerjasama Strategis dalam Bidang Pendidikan dan Penelitian - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

05 January 2024

Pemprov Kalteng dan ITB Jalin Kerjasama Strategis dalam Bidang Pendidikan dan Penelitian


LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama yang menitikberatkan pada bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Acara penting ini berlangsung di Gedung ITB, dengan penandatanganan dilakukan oleh Sekda Provinsi Kalteng, H. Nuryakin, yang mewakili Gubernur Kalteng, bersama Sekretaris Institut ITB, Widjaja Martokusumo, Kamis (4/1/2024).

Kesepakatan tersebut memiliki tujuan utama untuk meningkatkan sinergisitas potensi sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak, mencakup berbagai aspek seperti reklamasi pertambangan, rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan kehutanan, pengelolaan lingkungan hidup, hingga peningkatan sumber daya perikanan dan kelautan.

Kesepakatan ini dirancang untuk berlaku selama 5 tahun, memberikan kerangka kerja yang jelas untuk kolaborasi antara Pemprov Kalteng dan ITB.

Dalam sambutannya, Sekda H. Nuryakin menegaskan keseriusan Pemprov Kalteng dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kualitas SDM.

Sekda juga mencatat bahwa Kalteng memiliki keterkaitan yang erat dengan Infrastruktur Kawasan Strategis Nasional (IKN), sehingga persiapan SDM, kerjasama, dan kajian riset menjadi imperatif.

"Dukungan kajian riset merupakan support bagi pemerintah daerah dalam memutuskan kebijakan sehingga kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kualitas SDM dengan IT menjadi semacam komunikasi dan langkah strategis kebijakan di daerah," katanya.

Lebih lanjut, Nuryakin menyampaikan bahwa kesepakatan ini merupakan langkah konkret dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng secara tegas memberikan dukungan dan dorongan untuk melaksanakan kesepakatan ini sebagai langkah strategis dalam pengambilan kebijakan di daerah.

Sekretaris Institut ITB, Widjaja Martokusumo, pada kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, sambil menekankan bahwa kolaborasi ini juga merupakan kesempatan untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman di dunia akademis.

"Kerjasama ini juga untuk mengali apa yang bisa bagikan maupun ajarkan di kampus," ungkapnya.

Dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama ini, diharapkan terbentuk kerangka kerja yang kokoh dan berkelanjutan untuk mendukung perkembangan dan pembaruan di berbagai sektor yang disepakati oleh Pemprov Kalteng dan ITB, menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat dan pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut.

Sumber : mmc.kalteng.go.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda