Progres Sorlip Surat Suara Capai 68 Persen, KPU Kalteng Siap Hadapi Pemilu 2024 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

08 January 2024

Progres Sorlip Surat Suara Capai 68 Persen, KPU Kalteng Siap Hadapi Pemilu 2024

Foto bersama usai mengadakan pertemuan lintas sektoral dalam rangka membahas kesiapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.
LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan pertemuan lintas sektoral dalam rangka membahas kesiapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

Dalam kegiatan yang bertajuk "Ngopi" Ngobrol Pemilu Lintas Sektoral Kesiapan Pemilu 2024, yang berlangsung pada Senin (8/1/2024), sejumlah tokoh penting seperti Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, serta Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi turut hadir, bersama dengan para stakeholder terkait.

Ketua KPU Kalteng, Sastriadi, menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk memaparkan kesiapan Pemilu 2024, termasuk progres dalam tahapan seperti Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Dalam paparannya, Sastriadi menyebutkan bahwa hingga Senin (8/1/2024), sudah ada 6.722.961 lembar surat suara yang berhasil disortir dan dilipat, mencapai 68 persen dari target yang ditetapkan.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kami memaparkan kesiapan Pemilu 2024, yang sudah kami jalankan sejauh ini progres sorlip sortir dan lipat surat suara, kemudian juga tentang perencanaan, mitigasi masalah nanti dalam hal distribusi logistik," ucapnya.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, menambahkan bahwa seluruh pasukan di Polda maupun di Polres jajaran berkomitmen untuk menjaga keamanan demi kelancaran Pemilu serentak di Kalteng.

Meskipun tidak memberikan rincian jumlah personel, ia menegaskan tujuan utama adalah mencapai keamanan dan kenyamanan dalam Pemilu Damai 2024.

"Sekarang saya tidak bisa sampaikan sekarang (terkait jumlah personel), tetapi jumlah personil itu tujuannya tercapai aman dan nyamannya Pemilu Damai 2024 dan kita akan update terus situasi yang ada di Kalimantan Tengah," ujarnya.

Kapolda Kalteng juga berharap bantuan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memberikan informasi situasi cuaca yang dapat memengaruhi pelaksanaan Pemilu.

Sementara itu, Komandan Korem 102/Panju Panjung, Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kalimantan Tengah.

Ia menyoroti konsistensi dan komitmen TNI dalam menjaga netralitas serta mengajak untuk melaporkan hal-hal yang tidak sesuai aturan.

Danrem telah memerintahkan kepada Komandan Kodim (Dandim) se-Kalteng untuk membentuk posko dan posko pengaduan guna memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu.

Dengan kolaborasi antara KPU, kepolisian, TNI, dan pihak terkait, diharapkan Pemilu Serentak 2024 di Kalimantan Tengah dapat berjalan aman, damai, dan lancar.

"Saya juga tadi sampaikan kepada jajaran Dandim yang hadir untuk selalu berkolaborasi dengan Forkopimda untuk sama-sama mensukseskan Pemilu, sehingga penyelenggaraan Pemilu bisa berjalan aman, damai dan lancar," tandasnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda