Dinas PMD Kalteng Prioritaskan Beberapa Program pada 2024 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

26 February 2024

Dinas PMD Kalteng Prioritaskan Beberapa Program pada 2024

Kepala Dinas PMD Kalteng, H. Aryawan.
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Aryawan menegaskan beberapa program strategis yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Aryawan menyatakan fokus utama akan diberikan pada penanganan stunting di Provinsi Kalteng, dengan mengintensifkan sosialisasi kegiatan terkait.

"Karena kami ada bidang menangani itu (stunting), artinya lebih berfokus kesana," katanya.

Selain itu, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi prioritas lainnya.

Aryawan menekankan upaya peningkatan sumber daya manusia dalam bidang tersebut.

"Itu lebih banyak kearah peningkatan sumber daya manusianya," ungkapnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Aryawan dalam rangkaian rapat kerja teknis (rakernis) program dan kegiatan Dinas PMD se-Kalimantan Tengah di Balahap Hotel, Palangka Raya, Senin (29/2/2024).

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo menambahkan bahwa pembangunan daerah memerlukan keterlibatan aktif semua komponen.

Ia menekankan bahwa keberhasilan pembangunan tergantung pada partisipasi pemerintah dan masyarakat serta stakeholder lainnya.

"Dinas PMD mempunyai peran krusial dalam meningkatkan kondisi daerah melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan pengurangan kemiskinan," jelasnya.

Hal ini ditegaskan Edy sebagai tanggapan terhadap isu-isu strategis yang dihadapi, seperti peningkatan kapasitas aparatur desa, partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, optimalisasi lembaga desa dan UMKM, serta pemanfaatan potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda