Rakernis Dinas PMD Kalteng Fokus Tingkatkan Kualitas Program Pemberdayaan Desa - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

26 February 2024

Rakernis Dinas PMD Kalteng Fokus Tingkatkan Kualitas Program Pemberdayaan Desa

Kepala Dinas PMD Kalteng, H. Aryawan saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Rapat Kerja Teknis Program dan Kegiatan Dinas PMD se-Kalteng di Ballroom M. Bahalap Hotel. 
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Rapat Kerja Teknis Program dan Kegiatan Dinas PMD se-Kalteng di Ballroom M. Bahalap Hotel Palangka Raya pada Senin (26/2/2024).

Rapat tersebut bertujuan untuk mensinergikan program pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten dalam urusan pemberdayaan masyarakat dan desa, serta menetapkan langkah-langkah program yang berkesinambungan.

Sekretaris Dinas PMD Kalteng, Etty Aprilya dalam laporannya menyoroti pentingnya sinergi antara berbagai tingkatan pemerintahan dalam mendukung pembangunan.

"Salah satu tujuan dari kegiatan ini dalah untuk mensinergikan program pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten," katanya.

Ia juga menekankan perlunya langkah konkret dalam menyusun program yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kalteng, H. Aryawan saat menyampaikan sambutan Wakil Gubernur Kalteng menyampaikan bahwa pembangunan daerah sebagai upaya kolektif yang memerlukan peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan, baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Ia menegaskan bahwa Dinas PMD memiliki peran penting dalam meningkatkan kondisi daerah melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan pengurangan kemiskinan.

Dalam Rakernis ini, Dinas PMD Kalteng menyoroti isu-isu strategis seperti peningkatan kapasitas aparatur desa, partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, penguatan lembaga desa dan UMKM, serta pemanfaatan potensi desa.

"Tujuan utama Rakernis adalah untuk mendiskusikan secara teknis program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa dari berbagai tingkatan pemerintahan, dengan harapan dapat menghasilkan sinergi yang lebih baik menuju pembangunan yang berkelanjutan," ungkapnya.

Hasil yang diharapkan dari Rakernis ini adalah terwujudnya program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa yang efektif dan efisien dalam mendukung pembangunan daerah, terutama dalam meningkatkan kondisi daerah dan mengurangi kemiskinan.

"Dengan demikian, Rakernis ini menjadi momentum strategis bagi Dinas PMD untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan kualitas program pemberdayaan masyarakat dan desa di Kalimantan Tengah," tandasnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda