Zaini : HPSN merupakan Momentum Pengelolaan Sampah Secara Produktif - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

23 February 2024

Zaini : HPSN merupakan Momentum Pengelolaan Sampah Secara Produktif



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 menjadi momentum penting dalam sejarah pengelolaan sampah di Indonesia, yaitu untuk membangkitkan memori kolektif kita agar secara terus-menerus berupaya keras membangun pengelolaan sampah yang lebih baik dengan cara-cara produktif. Jumat, 23/02/2024

Bertempat di jalan Ais Nasution, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup, bersama unsur Forkopimda, dan OPD di lingkup pemerintahan Kota Palangka Raya menggelar peringatan HPSN tahun 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Ahmad Zaini dihadapan awak media mengatakan bahwa peringatan Hari peduli Sampah Nasional ini dilaksanakan sejak tanggal 19 Februari 2024 yakni dengan kegiatan Batik yakni bakul cantik tanpa plastik. 

“Pemerintah Kota Palangka Raya sudah menerbitkan Perda nomor 3 tahun 2022, yakni tentang penggunaan kantong plastik yang dimana akan kita sosialisasikan secara terus menerus kepada masyarakat Kota Palangka Raya,” ucap kepala dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Achmad Zaini. 

Baca Juga: Peringati HPSN Pemko Palangka Raya Launching Aplikasi Pak Sam

Zaini juga mengungkapkan bahwa sampah-sampah plastik ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan pencemaran pada tanah dan air, plastik juga mengandung partikel-partikel yang berbahaya dan apabila dibakar sampah plastik juga menghasilkan gas yang sifatnya beracun. 

Sampah-sampah plastik yang sudah terkumpul ini akan kita bawa ke TPST (tempat pembuangan sampah terpadu) agar dapat dikelola menjadi produk yang inovatif. 

“harapan kita masyarakat Kota Palangka Raya sadar untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan, dan menggunakan kantong yang ramah lingkungan bila berbelanja.”pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda