Bawa Visi Misi Brilian, Ir. Endeh Siap Jadi Wakil Bupati Barito Selatan - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

28 May 2024

Bawa Visi Misi Brilian, Ir. Endeh Siap Jadi Wakil Bupati Barito Selatan

Ir. Endeh saat foto bersama keluarganya. (Ist) 
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Ir. Endeh, CPM, CPA, CPArb, telah membuat langkah signifikan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Barito Selatan (Barsel) dengan mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil bupati.

Keputusan ini diambil oleh Endeh bukan tanpa alasan. Ia memiliki tekad yang kuat untuk mengabdi dan memajukan Barsel dengan membawa visi dan misi yang luar biasa:

Visi:

Menjadikan Kabupaten Barito Selatan sebagai daerah yang maju, sejahtera, dan berkeadilan.

Misi:

1. Membuat Grand Desain Tata Ruang dan arah pembangunan yang sistematis dan terarah, sehingga tercipta Barito Selatan yang nyaman, sehat, dan ramah lingkungan.

2. Meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mewujudkan ekonomi desa yang tangguh dan mandiri, serta intensifikasi peralatan dan teknologi pertanian dan perikanan.

3. Meningkatkan profesionalisme aparatur pemerintah dalam pemerataan dan peningkatan pelayanan publik di segala bidang.

4. Mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat dan aparatur pemerintah melalui penanggulangan bencana, baik bencana alam maupun non-alam dengan tanggap, cepat, dan tepat.

5. Mewujudkan infrastruktur yang baik, membanggakan, dan merata.

6. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendatangkan investor guna terbukanya lapangan kerja baru dan perlindungan sosial masyarakat.

7. Membangun perekonomian yang kreatif dan inovatif termasuk mengembangkan potensi pariwisata dan budaya.

Endeh, yang lahir di Barito Selatan pada 1 Januari 1964, memiliki latar belakang pendidikan yang kuat. Ia adalah lulusan Akta Mengajar Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Palangka Raya (2004) dan Fakultas Pertanian Jurusan Perikanan/Budidaya Perairan Universitas Achmad Yani (UVAYA) di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (1992).

Selain itu, Endeh memiliki berbagai pelatihan yang menunjang keahliannya, antara lain:

1. Pelatihan Arbitrase (Arbitration Training) Batch 28, Institut Pengadaan Publik (IPPI) bekerja sama dengan Dewan Sengketa Indonesia (DSI), 2024.

2. Pelatihan Ajudikasi (Adjudication Training) Batch XII, Institut Pengadaan Publik (IPPI) bekerja sama dengan Dewan Sengketa Indonesia (DSI), 2024.

3. Pelatihan Mediasi (Mediation Training) Batch 101, terakreditasi Mahkamah Agung No. 16/KMA/1/2022, Institut Pengadaan Publik (IPPI) bekerja sama dengan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) dan Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo (UHO), 2024.

4. Pelatihan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 2014.

5. Pelatihan Penguatan Kelembagaan Kelompok Kerja Pembangunan (MPBM) dan Jaringan Usaha dan Sistem Pembiayaan melalui Lembaga Keuangan (LSP-BM) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya, 2006.

6. Pelatihan Penguatan Manajemen Lembaga Simpan Pinjam Berbasis Masyarakat (LS-PBM) Proyek CERD/PMPD di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 2005.

7. Panitia dan Trainer TOF (Training of Facilitator) Proyek Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembangunan Desa, di Palangka Raya, 2005.

8. Pelatihan Pelatih Terpadu dan Khusus, PMPD/CERD di Jakarta, 2005.

9. Pelatihan Penguatan Jaringan (Network) LS-PBM Dunia Usaha dan Lembaga Keuangan (Proyek CERD/PMPD Provinsi Kalteng) di Palangka Raya, 2004.

10. Pelatihan bagi Para Fasilitator (TOF Terpadu) PMPD/CERD di Kalimantan Timur, 2004.

11. Pelatihan Para Pelatih (TOT) Peningkatan Kapasitas untuk Pembangunan Masyarakat Proyek Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembangunan Desa (PMPD/CERD) di Makassar, 2003.

12. Pelatihan Para Pelatih (TOT) Peningkatan Kapasitas untuk Pembangunan Masyarakat Proyek Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembangunan Desa (PMPD/CERD) di Banjarmasin, 2003.

13. Pendidikan dan Pelatihan Spesialis Tenaga Penyuluh Koperasi di wilayah Hutan Kemasyarakatan (Badan Pembangunan Sumberdaya Koperasi dan Pengusaha Kecil Menengah Republik Indonesia) di Palangka Raya, 2001.

14. Pelatihan Kader Penggerak Pembangunan Kecamatan, Badan Perencanaan Nasional (BAPPENAS) di Cipanas, Jawa Barat, 1999.

15. Pelatihan Peningkatan Pendampingan Kelompok Masyarakat (Pokmas) IDT di Jakarta, 1995.

16. Pelatihan Sarjana Pendamping Purna Waktu (SP2W) Inpres Desa Tertinggal (IDT), Badan Perencanaan Nasional (BAPPENAS) di Pematang Siantar, Sumatera Utara, 1995.

Dengan segudang pengalaman dan kualifikasi yang dimilikinya, Endeh bertekad menjadi wakil bupati yang andal dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat Barsel.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda