Generasi Muda Kalteng Didorong Lestarikan Budaya Lewat Pagelaran Seni - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

26 May 2024

Generasi Muda Kalteng Didorong Lestarikan Budaya Lewat Pagelaran Seni

Pagelaran Seni Budaya Kalteng Cerdas Menuju Kalteng Semakin Berkah di UPT Taman Budaya. 
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah melalui UPT Taman Budaya menggelar Pagelaran Seni Budaya dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional dengan tema "Kalteng Cerdas Menuju Kalteng Semakin Berkah".

Acara ini berlangsung pada 26 Mei 2024 malam, di panggung terbuka Taman Budaya, Jalan Temanggung Tilung XIII, Kota Palangka Raya.

Pagelaran seni budaya ini dimeriahkan oleh berbagai kelompok seni, termasuk Sanggar Haruyung Manuntung SMAN 1 Palangka Raya, SSB Hagatang Tarung, Sanggar Karungut Guru Kalteng Harati Berkah, Sanggar Budaya Bukit Kahias, Sanggar Mapas Sendratasik UPR, Golden Christian School Palangka Raya, serta Tim Musikalisasi Puisi dari SMA Negeri 2 dan SMP 2 Palangka Raya.

Dalam laporan yang dibacakan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Seni dan Budaya, Dian Widi Pratama, disebutkan bahwa tujuan dari pagelaran ini adalah untuk melestarikan dan menjaga seni budaya Kalimantan Tengah, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberagaman seni dan budaya di daerah Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari, melalui Kepala UPT Taman Budaya, Wildae D. Binti, menyampaikan bahwa seni dan budaya merupakan identitas suatu bangsa.

"Pagelaran Seni Budaya Kalimantan Tengah ini adalah agenda tahunan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah. Kami berharap dengan pagelaran Seni Budaya ini dapat menambah kreativitas pelaku seni di Kalimantan Tengah," ujarnya.

Selain itu, Wildae juga berharap pagelaran seni budaya ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Di kesempatan yang sama, Mangge, salah satu peserta dari Sanggar Karungut Kalteng, menyatakan bahwa partisipasi mereka dalam acara ini bertujuan untuk memberi contoh kepada generasi muda agar menyukai dan melestarikan lagu daerah Kalimantan Tengah, khususnya budaya Karungut.

"Saya berharap seni budaya di Kalimantan Tengah tidak di lupakan dan semakin banyak generasi muda yang mau menjaga dan melestarikan seni budaya Kalimantan Tengah, khususnya Karungut," ungkapnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mencintai dan melestarikan kekayaan budaya Kalimantan Tengah. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda