Gloriana Aden Dorong Kesadaran Pencegahan Kebakaran - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

16 May 2024

Gloriana Aden Dorong Kesadaran Pencegahan Kebakaran


LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Gloriana Indri, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya, dengan tegas mengimbau seluruh warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran yang semakin mengintai. 

Imbauan ini didorong oleh serangkaian kejadian kebakaran yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, menciptakan ketegangan di antara penduduk setempat.

Dalam empat kejadian kebakaran berturut-turut, termasuk insiden terbaru yang terjadi pada Rabu malam di Jalan Rungan Ujung, kerugian materi mencapai Rp 50 juta. Meskipun beruntung tidak ada korban jiwa, namun kerugian finansial yang ditimbulkan cukup signifikan. Hal ini menjadi pukulan serius bagi warga terdampak dan menimbulkan kekhawatiran di seluruh komunitas. 

Menyikapi kondisi tersebut, Gloriana menegaskan perlunya langkah-langkah pencegahan yang lebih serius dari seluruh elemen masyarakat. 

Ia menyoroti pentingnya mematuhi prosedur keselamatan kebakaran, seperti tidak meninggalkan kompor atau alat pemanas menyala tanpa pengawasan, rutin memeriksa instalasi listrik, serta tidak membakar sampah sembarangan.

“Kami menghimbau seluruh warga untuk selalu waspada dan memastikan kondisi rumah serta lingkungan aman dari potensi kebakaran. Kewaspadaan ini sangat penting untuk mencegah kejadian serupa terulang,” ucapnya, Kamis (16/5/2024) (dikutip dari MC Kota Palangka Raya) 

Lebih lanjut, Gloriana menekankan bahwa DPKP Kota Palangka Raya selalu siaga dalam menanggapi setiap laporan kebakaran yang diterima melalui Layanan Call Center 112. Namun, upaya ini tidak akan optimal tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan mereka.

Dalam konteks ini, imbauan Gloriana bertujuan untuk membangkitkan kesadaran dan tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan rumah dan lingkungan dari ancaman kebakaran. 

Dengan lebih waspada dan proaktif, diharapkan masyarakat dapat mengurangi risiko kebakaran dan menjaga keselamatan diri serta harta benda mereka.

Kesadaran akan bahaya kebakaran tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau petugas pemadam kebakaran, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh warga. 

Melalui kolaborasi dan kesadaran bersama, diharapkan kejadian yang merugikan seperti kebakaran dapat diminimalisir, menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua penduduk Kota Palangka Raya.

Pewarta: Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda