Wamen LHK Resmikan Pusat Daur Ulang Sampah di Kota Palangka Raya - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

29 May 2024

Wamen LHK Resmikan Pusat Daur Ulang Sampah di Kota Palangka Raya

LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Pemerintah Kota Palangka Raya meresmikan Pusat Daur Ulang Sampah baru yang berlokasi di Tempat Pembuangan Sampah Jalan Wortel, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Peresmian fasilitas ini dilakukan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, dan dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi, termasuk Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, Sekda Kalteng, Nuryakin, Pj Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu, serta Walikota Palangka Raya periode 2018-2023 Fairid Naparin.

Fasilitas ini dibangun sebagai bagian dari upaya pemerintah kota dalam mengelola dan mengurangi volume sampah yang dihasilkan di Palangka Raya, yang mencapai 150 ton per harinya.

Bantuan untuk pembangunan pusat daur ulang ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai bentuk dukungan terhadap komitmen kota dalam pengelolaan sampah.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati menyatakan bahwa bantuan ini diberikan kepada daerah yang menunjukkan komitmen kuat dalam mengurangi sampah.

"Fasilitas ini mempunyai kapasitas 10 ton per hari dan harapannya dengan adanya pusat daur ulang ini, pemerintah kota Palangka Raya dapat semakin intensif dalam mengelola dan mengurangi volume sampah di daerahnya," ujarnya.

Sementara itu, Pj Walikota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan yang diberikan.

"Dengan adanya pusat daur ulang sampah ini, kami semakin bersemangat untuk mengelola dan mengurangi volume sampah di kota Palangka Raya. Fasilitas ini bisa menjadi tempat percontohan dalam pengelolaan sampah," kata Hera.

Hera juga berharap agar dengan beroperasinya pabrik daur ulang ini, jumlah sampah di kota Palangka Raya dapat terus berkurang hingga mencapai titik ideal, di mana tidak ada lagi sampah yang menumpuk di kota.

Peresmian ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah kota dan pusat dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi masyarakat Palangka Raya.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng, Joni Horta, Pj Sekda Kota Achmad Zaini serta seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di ruang lingkup Kota Palangka Raya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda