Kampanyekan Gemar Membaca, TP PKK Palangka Raya Dorong Pembentukan Rumah Dilan - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

11 June 2024

Kampanyekan Gemar Membaca, TP PKK Palangka Raya Dorong Pembentukan Rumah Dilan



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya – Kebiasaan membaca diakui sebagai salah satu indikator penting dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan bermutu bagi bangsa dan negara. Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Palangka Raya, Fifi Arfina, menyampaikan hal ini saat membuka kegiatan Kampanye Gemar Membaca dan Sosialisasi Pembentukan Rumah Perpustakaan dan Keterampilan (Rumah Dilan) di Aula Kantor Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, pada Senin, (10/6/2024).

Kampanye Gemar Membaca adalah salah satu program nasional TP PKK yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat. Program ini dirancang untuk meningkatkan pendidikan dan pengetahuan masyarakat agar menjadi masyarakat yang gemar membaca. Dalam sambutannya, Fifi menekankan pentingnya menumbuhkan minat baca sejak usia dini sebagai kunci sukses dari kebiasaan atau budaya membaca.

"Setiap kabupaten/kota diimbau untuk mendirikan Rumah Dilan atau Taman Bacaan Mini (Pojok Baca), dan datanya akan disampaikan ke TP PKK Pusat melalui TP PKK Provinsi untuk dinilai secara nasional," ujar Fifi.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi panduan dalam pembentukan Rumah Dilan dan memberikan dampak positif bagi anak-anak. "Melalui kegiatan ini, diharapkan untuk dapat memberikan pedoman dan motivasi untuk pembentukan Rumah Dilan. Saat ini kita sudah memiliki Rumah Dilan yang berada di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau," tambahnya.

Fifi juga mengungkapkan harapannya agar Rumah Dilan atau Pojok Baca yang akan dibentuk dapat menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anak-anak. "Sehingga memberikan hal positif serta wawasan yang luas bagi mereka," tutupnya.

Kegiatan Kampanye Gemar Membaca dan Sosialisasi Pembentukan Rumah Dilan ini diharapkan menjadi langkah awal yang konkret dalam meningkatkan budaya membaca di Kota Palangka Raya, sekaligus mendukung pembentukan generasi yang lebih berpendidikan dan berwawasan luas.

Sumber: media center Kota Palangka Raya

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda