Lomba Memasak Ikan Tingkat Kota Palangka Raya Digelar, Ajakan Gemar Makan Ikan - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

12 June 2024

Lomba Memasak Ikan Tingkat Kota Palangka Raya Digelar, Ajakan Gemar Makan Ikan



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perikanan Kota menggelar Lomba Memasak Ikan Tingkat Kota Palangka Raya yang berlangsung di Aula Balai Guru Penggerak, Jalan Tjilik Riwut, Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Pj Walikota Palangka Raya serta dihadiri oleh seluruh kepala SKPD di lingkungan Kota Palangka Raya. Rabu (12/06/2024) 

Dalam sambutannya, Pj Walikota Palangka Raya menekankan pentingnya peran keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat dalam menyediakan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. 

"Dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing, dan berkarakter, pembangunan serta pembinaan fisik dan mental harus dimulai dari keluarga. Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal, dan baik untuk keluarga," ujarnya.

Pj Walikota juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kota terus berupaya mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui lomba masak serba ikan ini. 

"Lomba masak serba ikan ini bertujuan untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan kuliner sebagai pendapatan keluarga, serta mendekatkan produk perikanan kepada masyarakat," tambahnya.

Hera menambahkan, pada negara-negara maju, perhatian pada komposisi gizi yang sehat dan berimbang lebih diutamakan, sementara di Indonesia, perhatian terhadap menu sehat dan berimbang masih kurang. 

"Umumnya, kita merasa cukup bila anak sudah kenyang. Ibu-ibu PKK sangat berperan penting dalam memasyarakatkan nilai lebih dari mengonsumsi ikan melalui sosialisasi nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan dan diversifikasi produk olahan berbahan ikan kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga," katanya.

Dengan adanya lomba memasak serba ikan ini, Hera berharap adanya diversifikasi terhadap menu harian berbahan ikan sehingga tidak menimbulkan kebosanan, terciptanya inovasi dan kreativitas menu baru berbahan ikan, serta peningkatan gerakan memasyarakatkan makan ikan dalam upaya menurunkan stunting. 

"Semoga para peserta bisa meraih juara dan mewakili lomba memasak tingkat nasional, serta mewujudkan masyarakat yang cerdas, kuat, dan sejahtera," tutupnya.

Lomba ini diharapkan mampu menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan demi kesehatan dan kesejahteraan keluarga, sekaligus mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Kota Palangka Raya.

Pewarta: Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda