Siap Berkompetisi di Pilkada Palangka Raya, Sigit Widodo Jalani Fit and Proper Test di Gerindra - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

01 June 2024

Siap Berkompetisi di Pilkada Palangka Raya, Sigit Widodo Jalani Fit and Proper Test di Gerindra

Foto bersama usai Sigit Widodo mengikuti fit and proper test di DPD Gerindra Kalteng.
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA – Bakal Calon Wakil Wali Kota Palangkaraya, Sigit Widodo, mengikuti fit and proper test di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Sabtu (1/6/2024).

"Alhamdulillah, tes berjalan lancar. Lebih banyak tentang silaturahmi dan bertukar pikiran. Saya menyampaikan ide dan gagasan mengenai masa depan Kota Palangka Raya, bagaimana kota ini sebagai ibu kota pemerintahan bisa menjadi modern, tangguh, gesit, kreatif, kondusif, dan sejahtera bagi masyarakatnya," ujarnya.

Dia mengakui bahwa Partai Gerindra menyambut kehadirannya dengan sangat baik selama tes tersebut.

"Selanjutnya, kami menyerahkan sepenuhnya tahapan selanjutnya kepada Partai Gerindra. Kami siap mengikuti apapun proses tahapan selanjutnya dalam Pilkada Palangkaraya," ungkapnya.

Sigit, yang saat ini merupakan Anggota DPRD Kota Palangka Raya dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), telah berkomunikasi dengan beberapa tokoh di Palangkaraya. Namun, dia mengaku lebih intens berkomunikasi dengan Wali Kota Palangka Raya periode 2018-2023, Fairid Naparin.

"Kami berkomunikasi tentang berbagai hal mengenai Palangka Raya. Namun, dengan kandidat lain juga ada komunikasi. Yang lebih intens dengan petahana karena sudah kenal lama dan bermitra di DPRD. Ini bukan untuk menafikan calon lain, karena kesempatan berinteraksi selalu ada. Tapi tidak dalam kerangka berpasangan, lebih untuk saling mengisi demi membangun Kota Palangkaraya," jelasnya.

Dia mengaku siap dipasangkan dengan siapapun jika ditugaskan oleh partai.

"Hari ini saya ke Gerindra karena PDI-P hanya memiliki tiga kursi, belum cukup untuk mengusung pasangan. Jadi, kami harus menjalin komunikasi dengan partai-partai lain. Harapan saya, Gerindra bisa bersama-sama dalam satu barisan untuk memajukan Kota Palangkaraya," harapnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris DPD Partai Gerindra Kalteng, Agus Pramono, mengatakan bahwa fit and proper test dijadwalkan berlangsung dari 25 Mei hingga 7 Juni 2024.

"Pak Sigit Widodo sudah melaksanakan fit and proper test, artinya tahapan-tahapan dalam tes tersebut sudah dilaksanakan. Narasi yang disampaikan sudah cukup bagus dan beliau sudah punya pandangan yang jelas. Untuk Wali Kota Palangkaraya, yang merupakan petahana, Gerindra merasa nyaman untuk memberikan catatan-catatan pada rapat kita selanjutnya," kata Agus.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Palangka Raya, M Erlansyah Jamain, menambahkan bahwa hingga saat ini sudah ada enam kandidat Pilkada Palangka Raya yang mengikuti fit and proper test, di antaranya Fairid Naparin, Lely H Tundan, Suranto, Rojikinnor, Novanita Puspa Kencana, dan Andrie Elia.

"Kami berharap proses fit and proper test ini berjalan lancar. Kami mengikuti mekanisme partai dan komunikasi politik dengan partai lain berjalan dinamis. Belum ada arah yang pasti karena semua masih dibahas," bebernya.

Dia memandang Sigit Widodo memiliki pengalaman di DPRD Kota Palangka Raya.

"Beliau sering turun langsung ke masyarakat dan memiliki hubungan baik dengan petahana. Kita lihat nanti ke arah mana prosesnya condong. Visi dan misi yang disampaikan beliau menyentuh semua sektor dan akan kita bawa ke DPP," katanya.

Dia menyebut, ada sepuluh kandidat yang mendaftar di Partai Gerindra untuk maju dalam Pilkada Palangka Raya, terdiri dari empat bakal calon wali kota dan enam bakal calon wakil wali kota.

"Kita harapkan dari pendaftar ini ada yang mendapatkan rekomendasi. Visi dan misi juga menjadi bahan pertimbangan dari DPP," pungkasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda