DPRD Kalteng: Pemerintah Harus Prioritaskan Pengembangan Sektor Pertanian - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

08 July 2024

DPRD Kalteng: Pemerintah Harus Prioritaskan Pengembangan Sektor Pertanian

Anggota DPRD Kalteng, Sirajul Rahman.
LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Pengembangan ekonomi masyarakat desa harus menjadi fokus utama. Dengan demikian, pembangunan pada sektor pertanian, peternakan, perikanan, dan kerajinan tangan bisa semakin maju.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sirajul Rahman, menekankan bahwa pengembangan ekonomi di sektor pertanian harus menjadi perhatian serius pemerintah.

“Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, berbagai strategi dan pendekatan dapat diterapkan. Sektor pertanian sering kali menjadi tulang punggung ekonomi desa,” ujarnya pada Senin (8/7/2024).

Sirajul Rahman mengungkapkan bahwa pengembangan ekonomi pertanian bisa meningkatkan produktivitas melalui penggunaan teknologi, pupuk, dan bibit unggul. Hal ini sangat penting karena dapat mendorong ketahanan pangan di Kalteng.

“Selain itu, aspek peternakan, mulai dari skala kecil hingga menengah, dapat memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat desa. Penerapan praktik peternakan yang baik dapat meningkatkan hasil yang maksimal,” tambahnya.

Untuk desa-desa yang berada di dekat perairan, perikanan dan budidaya ikan menjadi sumber penghidupan utama. Pengembangan teknik budidaya dan pengolahan hasil perikanan dapat menambah nilai ekonomis.

“Kerajinan tangan dan industri rumah tangga juga memiliki potensi besar. Banyak desa di Kalteng memiliki produk kerajinan tangan unik yang dapat dipasarkan lebih luas. Pelatihan keterampilan dan akses ke pasar sangat penting untuk menunjang daya tarik pariwisata desa berbasis alam dan budaya,” jelas Sirajul.

Dia juga menambahkan bahwa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, pendidikan dan pelatihan harus diperhatikan. Pelatihan keterampilan dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kerajinan tangan, serta pendidikan kewirausahaan, sangat penting untuk mendorong masyarakat memulai usaha baru.

Dengan fokus pada pengembangan ekonomi desa, diharapkan kesejahteraan masyarakat Kalteng dapat terus meningkat. (red) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda