Perkuat Pelayanan Publik, 15 OPD Palangka Raya Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

22 July 2024

Perkuat Pelayanan Publik, 15 OPD Palangka Raya Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri

LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Sebanyak 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Palangka Raya untuk pembayaran retribusi dan pajak daerah melalui e-channel.

Acara penandatanganan ini berlangsung di Ruang Rapat Peteng Karuhei II pada Senin (22/7/2024) dan disaksikan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

Dalam sambutannya, Hera Nugrahayu mengungkapkan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh kedua belah pihak.

"Tujuan utama dari kerja sama ini adalah meningkatkan mutu pelayanan publik yang baik, transparan, adil, dan memuaskan melalui pemanfaatan produk dan jasa perbankan," kata Hera.

Lebih lanjut, Hera menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya terpadu dan terintegrasi Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mengubah sistem pembayaran dari tunai menjadi non-tunai.

"Ini adalah langkah konkret untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Palangka Raya dalam hal pembayaran retribusi dan pajak daerah melalui e-channel," ucapnya.

Hera berharap kerja sama ini tidak hanya sekadar tertulis di atas kertas, tetapi benar-benar dapat mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan.

"Saya berharap, dengan adanya kerja sama ini, kita dapat terus berjalan bersama, mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan, demi pengembangan dan peningkatan kualitas mutu antara lembaga. Kerja sama dan silaturahmi yang baik antara kita sangat penting untuk mencapai keberhasilan bersama," ujar Hera.

Sementara itu, Assistant Vice President Bank Mandiri Cabang Palangka Raya, Hendry Jupiter Sitorus, juga turut menyampaikan apresiasinya.

"Bank Mandiri menyambut positif dan berterima kasih atas kepercayaan Pemko Palangka Raya atas kerja sama ini. Dimana Bank Mandiri memiliki alternatif E-Channel yang tersedia, seperti EDC, QRIS, dan Virtual Account melalui sistem Host to Host, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Pemerintah Kota Palangka Raya," ujar Jupiter.

Jupiter menambahkan bahwa yang terpenting dalam pelaksanaan kerja sama ini adalah teknis dan kemudahan pembayaran oleh masyarakat.

"Bank Mandiri berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk Pemerintah dan masyarakat Kota Palangka Raya, khususnya dalam digitalisasi perbankan," tutup Jupiter.

Jadi Kerja sama antara Pemerintah Kota Palangka Raya dan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Palangka Raya merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui digitalisasi pembayaran retribusi dan pajak daerah.

Melalui sistem e-channel, pembayaran menjadi lebih transparan, akuntabel, dan mudah diakses oleh masyarakat. Kerja sama ini diharapkan dapat terus berjalan dengan baik, membawa manfaat bagi kedua belah pihak dan masyarakat Kota Palangka Raya secara umum.

Pewarta : Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda