Gelar Pelatihan Budidaya Ikan PSDKU Polnep Harapkan Dapat Tingkatkan Ekonomi - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

08 August 2024

Gelar Pelatihan Budidaya Ikan PSDKU Polnep Harapkan Dapat Tingkatkan Ekonomi

PSDKU Polnep Sukamara saat memberikan materi kepada warga. FOTO IST
LIPUTANSBM.COM, SUKAMARA - Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) di Kabupaten Sukamara mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertajuk, "Usaha Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Pelatihan Budidaya Ikan Nila bagi Kelompok Pembudidaya Ikan" di Desa Sekuningan Baru, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program pelatihan dan pendampingan budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus). 

Liliyana, ketua PKM, dalam sambutannya menyatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya perikanan di Sukamara.

"Sukamara memiliki potensi sumber daya air yang besar untuk usaha perikanan, dan budidaya ikan nila adalah salah satu cara efektif untuk memanfaatkannya," ujar Liliyana.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara, yang diwakili oleh Lukman, Kepala Bidang Perikanan Budidaya. Dalam sambutannya, Lukman menegaskan pentingnya sinergi antara berbagai pihak untuk memajukan ekonomi lokal melalui sektor perikanan.

"Dinas Perikanan sangat mendukung kegiatan PKM ini sebagai langkah awal menuju peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sukamara," kata Lukman.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Sekuningan Baru, Wardi, beserta perangkat desa dan anggota kelompok pembudidaya ikan setempat. 

Kegiatan PKM dimulai dengan pembukaan resmi, diikuti dengan penyerahan bantuan benih dan pakan ikan secara simbolis kepada dua kelompok pembudidaya ikan. Setelah itu, dilakukan penebaran benih oleh tim PKM dan kelompok pembudidaya di lokasi masing-masing.

Selanjutnya, peserta mendapatkan pemaparan materi mengenai budidaya ikan nila yang baik dan benar. Materi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari persiapan wadah, penebaran benih, pemberian pakan, pengelolaan kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, hingga analisis finansial budidaya. 

Tim PKM juga memperkenalkan teknologi terbaru dalam budidaya ikan nila dan manfaat penggunaan probiotik untuk meningkatkan hasil budidaya.

Di akhir kegiatan, Liliyana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk PSDKU Polnep Sukamara, Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara, dan pemerintah Desa Sekuningan Baru serta kelompok pembudidaya ikan.

"Kami berharap, kehadiran PSDKU Polnep di Kabupaten Sukamara dapat memberikan kontribusi nyata dan manfaat bagi masyarakat, salah satunya melalui kegiatan PKM seperti yang kami selenggarakan saat ini," tutup Liliyana.

Dengan adanya program pelatihan ini, diharapkan masyarakat Desa Sekuningan Baru dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam budidaya ikan nila, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup dan perekonomian desa secara keseluruhan. (Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda