Gelar Rapat Koordinasi, Kanwil ATR/BPN Bahas Keadilan Agraria - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

28 August 2024

Gelar Rapat Koordinasi, Kanwil ATR/BPN Bahas Keadilan Agraria



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Mengangkat tema “ Percepatan Reforma Agraria melalui Mamangun Mahaga Lewu Seia Sekata (Membangun Kampung Reforma Agraria dengan penataan Akses dan Penataan Aset).” Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Kalimantan Tengah, melalui gugus tugas Reforma agraria.

Disamping itu Kanwil ATR/BPN kalteng juga laksanakan rapat koordinasi penyelenggaraan reforma agraria Provinsi Kalimantan Tengah untuk tahun 2024. Yang Mana kegiatan ini secara langsung dihadiri oleh, Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN, Drs. Dalu Agung Darmawan, M.Si, Kakanwil ATR/BPN Kalteng Dr.Ir. Fitriyani Hasibuan,Dipl.Ph., M.M, serta seluruh kepala kantor pertanahan di se-Kalteng.

Dalam sambutannya, Drs.Dalu Agung Darmawan, M.Si mengatakan bahwa Reforma agraria adalah sebuah upaya penting dan strategis dalam rangka mewujudkan keadilan agraria, pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Reforma agraria juga bukan hanya sekadar program redistribusi lahan, tetapi mencakup berbagai aspek yang lebih luas, seperti peningkatan kapasitas masyarakat, pengembangan infrastruktur serta penguatan kelembagaan dan regulasi.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa Rapat juga dilaksanakan sebagai upaya untuk membahas hal hal yang berkaitan dengan penyelesaian objek reforma agraria di Kalteng. Beberapa hal yang berkaitan dengan penyelesaian objek tersebut antara lain adalah terkait distribusi tanah, penyelesaian TORA serta pelepasan kawasan hutan yang berkaitan dengan konflik dan penataan akses.

“ Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan agar dari setiap tantangan yang dihadapi dalam setiap permasalahan terkait dengan TORA agar dapat di ambil langkah-langkah konkret untuk memastikan keberhasilan program penting dan strategis sebagai upaya untuk mewujudkan keadilan agraria di Kalteng, serta dalam rangka mempercepat target yang telah dicanangkan dalam RPJM,” pungkas Dalu di Aula Hotel Best Wastern Rabu, 28/08/2024.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda