Pembukaan Festival Seni Qasidah XI Kalimantan Tengah di Palangka Raya - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

02 August 2024

Pembukaan Festival Seni Qasidah XI Kalimantan Tengah di Palangka Raya



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Dewan Pimpinan Wilayah Lasqi Nusantara Jaya Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Upacara Pembukaan Festival Seni Qasidah (FSQ) XI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024. Acara ini berlangsung di Asrama Haji “AL-Mabrur”, Jalan G Obos, Kota Palangka Raya, pada Jumat malam (02/08/2024).

Festival ini diikuti oleh seluruh DPD Lasqi Nusantara Jaya se-Provinsi Kalimantan Tengah dan dihadiri oleh Asisten Ekbang Sri Widanarni, mewakili Gubernur Kalimantan Tengah, serta Ketua Harian DPP LASQI Nusantara, Habib Ismail bin Yahya.

Dalam sambutannya, Asisten Ekbang Setda Provinsi Kalimantan Tengah Sri Widanarni menyatakan bahwa Festival Seni Qasidah merupakan agenda tahunan yang memiliki peran penting dalam melestarikan dan mengembangkan seni qasidah di Kalimantan Tengah. "Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk menjaring bibit-bibit unggul yang nantinya akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah di tingkat nasional," ujarnya.

Sri Widanarni juga menekankan pentingnya festival ini untuk membangun karakter generasi muda yang kreatif dan inovatif dalam menghasilkan karya seni dan budaya yang lebih baik. "Melalui kegiatan ini diharapkan Lasqi ke depan semakin lebih maju, bukan saja pada aspek prestasi, tetapi juga dalam membangun karakter generasi bangsa," tambahnya.

Ketua panitia FSQ XI Lasqi Nusantara Jaya Kalimantan Tengah 2024, Agustia Ningsih Rayuhani, menyampaikan bahwa FSQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah selalu terselenggara dengan baik meski di tengah berbagai dinamika dan keterbatasan anggaran. 

Ia mencontohkan FSQ IX tahun 2022 yang sukses dilaksanakan di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya dan FSQ X tahun 2023 di Luwansa Hotel Palangka Raya. Untuk FSQ XI tahun 2024, acara dilaksanakan di Halaman Asrama Haji Al-Mabrur Palangka Raya karena adanya penambahan cabang lomba, yaitu Qasidah Klasik/Rebana.

FSQ XI berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 2 hingga 6 Agustus 2024. Cabang festival yang diperlombakan meliputi Bintang Vokalis Gambus, Pop Religi, dan Qasidah Klasik/Rebana, dengan kategori anak-anak, remaja, dan dewasa putra dan putri.

Agustia juga menyampaikan rasa syukurnya atas partisipasi yang tinggi dari DPD Lasqi Nusantara Jaya se-Kalimantan Tengah, dengan total 658 peserta dari 14 kabupaten/kota. "Jumlah kafilah dari masing-masing DPD sangat menggembirakan, dengan kafilah terbanyak mencapai 67 orang dan paling sedikit 38 orang," tutupnya.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda