Pemko Palangka Raya Percepat Program "Satu Rekening Satu Pelajar" untuk Siswa PAUD hingga SMP - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

28 August 2024

Pemko Palangka Raya Percepat Program "Satu Rekening Satu Pelajar" untuk Siswa PAUD hingga SMP



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan Kota mengumumkan percepatan pelaksanaan program "Satu Rekening Satu Pelajar" (KEJAR) bagi siswa jenjang PAUD, SD, dan SMP, baik negeri maupun swasta. Pengumuman ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Kepala Dinas Pendidikan Kota, dan perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta perbankan. Rabu, 28/08/2024. 

Dalam rapat yang digelar secara daring pada Kamis, 15 Agustus 2024, diputuskan beberapa langkah strategis untuk mempercepat implementasi program KEJAR. Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya menginstruksikan setiap satuan pendidikan untuk segera mendata siswa yang belum memiliki rekening tabungan. Selain itu, sekolah-sekolah diminta menjalin kerjasama dengan bank pelaksana tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) untuk memfasilitasi pembukaan rekening bagi siswa yang belum memiliki tabungan.

Lebih lanjut, bagi sekolah-sekolah yang sudah memiliki program menabung dalam bentuk tabungan sekolah, diharapkan untuk mengalihkan simpanan tersebut ke tabungan pelajar di bank konvensional yang menjadi penyelenggara tabungan Simpel. Satuan pendidikan juga didorong untuk berinovasi dalam mengimplementasikan program KEJAR serta diwajibkan mengirimkan dokumentasi pelaksanaan program ke bidang pembinaan masing-masing.

Dinas Pendidikan Kota juga menetapkan kewajiban bagi setiap satuan pendidikan untuk melaporkan progres pencapaian program KEJAR setiap triwulan. Selain itu, para pengawas sekolah diminta untuk memantau dan mengawasi optimalisasi program KEJAR di sekolah-sekolah binaan mereka.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani S.Pd., M.Si., dalam surat pemberitahuan tersebut menegaskan bahwa seluruh satuan pendidikan di Kota Palangka Raya diharapkan dapat melaksanakan program ini dengan penuh tanggung jawab dan komitmen demi kesuksesan program KEJAR di kota ini.

Pewarta: Andy Ariyanto 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda