Pemkot Palangka Raya Gelar Sosialisasi Netralitas ASN Jelang Pilkada 2024 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

08 August 2024

Pemkot Palangka Raya Gelar Sosialisasi Netralitas ASN Jelang Pilkada 2024

LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Pilkada 2024. Acara ini berlangsung di Luwansa Hotel, Kamis (8/8/2024).

Plt Kepala BKPSDM Kota Palangka Raya, Mardian Ardi, dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, kapasitas ASN, serta mewujudkan pemerintahan yang bersih. Ia menekankan pentingnya asas netralitas bagi ASN agar tidak memihak kepentingan tertentu dan bekerja secara profesional tanpa terpengaruh oleh politik.

“Sosialisasi ini diikuti oleh 68 peserta yang terdiri dari perwakilan seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya,” jelas Mardian.

Asisten 1 Setda Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, yang mewakili Pj Wali Kota Palangka Raya, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap melalui sosialisasi ini, ASN dapat memahami fungsi dan tugasnya serta tetap netral tanpa terlibat dalam politik praktis selama pemilihan kepala daerah.

“Netralitas merupakan unsur penting bagi ASN pada masa kampanye pemilihan kepala daerah,” tegas Sahdin.

Sahdin juga menyampaikan bahwa sesuai UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, ASN memiliki fungsi dan tugas sebagai perekat serta pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas.

“Penekanan pada kualitas ASN ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 9 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang mengatur ketentuan dan kualitas dalam pemilihan umum dan daerah. Dalam peraturan tersebut, ASN dilarang memberikan dukungan atau melakukan tindakan yang mengarah pada politik praktis dalam konteks pemilihan kepala daerah,” pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda