Pemkot Palangka Raya Terima 1.603 Pengaduan Publik Hingga Agustus 2024, Mayoritas Sudah Terselesaikan - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

30 August 2024

Pemkot Palangka Raya Terima 1.603 Pengaduan Publik Hingga Agustus 2024, Mayoritas Sudah Terselesaikan



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya mencatat sebanyak 1.603 pengaduan dari masyarakat yang masuk melalui berbagai kanal resmi pengaduan selama periode Januari hingga Agustus 2024. Dari total laporan tersebut, 1.580 kasus berhasil diselesaikan, sementara 23 lainnya masih dalam proses penanganan.

Hal ini disampaikan oleh Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, saat membuka kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi Online Rakyat (SP4N-LAPOR) di aula Peteng Karuhei II, Kantor Wali Kota Palangka Raya, pada Kamis (29/8/2024).

Andjar menjelaskan bahwa dari sejumlah pengaduan yang masuk melalui aplikasi LAPOR, beberapa kategori masalah yang paling banyak diadukan adalah masalah sosial dan kesejahteraan, infrastruktur jalan, layanan perhubungan, layanan kegawatdaruratan, serta ketertiban umum.

"Melalui aplikasi LAPOR yang telah disediakan, masyarakat memiliki kesempatan untuk menyampaikan masukan, saran, dan keluhan terkait pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Ini memungkinkan kita untuk memahami aspirasi masyarakat, memberikan respons yang cepat, serta melakukan perbaikan berkelanjutan dalam sistem pelayanan publik," ujar Andjar.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Andjar menekankan pentingnya peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menangani pengaduan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan monitoring dan evaluasi yang terus dilaksanakan terhadap pejabat penghubung dan operator LAPOR Pemkot Palangka Raya.

Andjar juga berharap melalui upaya ini, dapat terjalin komitmen yang kuat antara pejabat penghubung dan operator untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi LAPOR sebagai kanal utama pengaduan masyarakat, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Palangka Raya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda