Dukung Produk Lokal, Pemkot Palangka Raya Bantu Pasarkan Kerajinan UMK - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

23 October 2024

Dukung Produk Lokal, Pemkot Palangka Raya Bantu Pasarkan Kerajinan UMK

LIPUTANSBM, PALANGKA RAYA - Produk kerajinan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Palangka Raya semakin mendapat perhatian di pasar luar daerah, bahkan beberapa di antaranya sudah berhasil menembus pasar internasional.

Salah satu produk unggulan tersebut adalah aneka anyaman rotan yang diproduksi oleh Indang Apang Galeri, yang berlokasi di Jalan Tjilik Riwut Km 7.5, Kelurahan Bukit Tunggal, Palangka Raya.

Keberhasilan produk UMK milik Amelia ini dalam merambah pasar yang lebih luas tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pariwisata.

Dinas ini aktif membantu memasarkan produk-produk UMK lokal, termasuk dengan memanfaatkan galeri Dekranasda Kota Palangka Raya sebagai salah satu media promosi.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Iin Hendrayati Idris, menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya mempromosikan produk UMK dengan cara menempatkannya di galeri Dekranasda.

“Setiap tamu yang berkunjung ke Kota Palangka Raya, kami arahkan untuk mampir ke galeri Dekranasda agar mereka bisa membeli suvenir buatan pengrajin lokal,” ujar Iin pada Selasa (22/10/2024).

Iin juga menambahkan bahwa produk kerajinan tangan yang dihasilkan UMK di Kota Palangka Raya memiliki kualitas yang sangat baik.

"Sayang sekali jika wisatawan yang datang tidak menyempatkan diri untuk berbelanja di galeri Dekranasda atau langsung ke rumah produksi UMK," katanya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda