Hari Guru Sedunia, Arbusin Harapkan Para Guru Tetap Semangat - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

05 October 2024

Hari Guru Sedunia, Arbusin Harapkan Para Guru Tetap Semangat



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Hari Guru Sedunia atau World Teachers Day yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober diperingati oleh seluruh dunia, termasuk Indonesia. Peringatan ini menjadi momentum yang bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghormatan kepada seluruh guru yang telah berjuang di dunia pendidikan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Palangka Raya Drs.H.Arbusin kepada awak media liputansbm.com Dirinya berharap dalam peringatan Hari Guru Sedunia 2024 ini, pemerintah dapat memberikan perhatian penuh kepada kesejahteraan guru. Hal ini dikarenakan gaji guru di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara di Asia lainnya.

“ Kendati demikian, dengan segala persoalan dan kendala yang dialami oleh tenaga pengajar dan pendidik, Bapak dan Ibu guru tetap semangat, sungguh-sungguh dan ikhlas dalam mengajar. Terlebih saat ini, Kurikulum Merdeka mengharapkan pemusatan pada peserta didik, yang mana ini merupakan inti dari Kurikulum Merdeka yaitu bagaimana seorang guru itu menjadi inspirasi,contoh dan selalu dirindukan oleh anak didik,” tutur Arbusin melalui pesan singkat Whatsapp.

Dilansir dari laman UNESCO, Hari Guru Sedunia 2024 mengangkat tema "Valuing Teacher Voices: Towards a New Social Contract for Education". Hari Guru Sedunia ditetapkan untuk memperingati pengesahan Rekomendasi International Labour Organization (ILO)/UNESCO tentang status guru di tahun 1966. 

Dimana tanggal 5 Oktober merupakan tanggal penandatanganan Rekomendasi ILO/UNESCO yang akhirnya ditetapkan sebagai Hari Guru Sedunia oleh UNESCO dan diperingati pertama kali pada tahun 1994.

Rekomendasi International Labour Organization (ILO) ini menjadi tolak ukur sekaligus sebagai instrumen yang mendefinisikan hak dan tanggung jawab guru di seluruh dunia. 

Tema pada Hari Guru Sedunia 2024 ini menekankan tentang betapa pentingnya peran guru dalam membentuk masa depan pendidikan. Selain itu, suara dan perspektif guru juga sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan maupun membuat kebijakan dalam dunia pendidikan.

Pewarta: Margaretha Febrianty 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda