Menata Kembali Aset Kota: Wujudkan Destinasi Wisata di Palangka Raya - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

07 October 2024

Menata Kembali Aset Kota: Wujudkan Destinasi Wisata di Palangka Raya



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya – Upaya pemerintah kota untuk mempercantik kawasan dan aset-aset miliknya terus bergulir. Pada Senin (7/10/2024), Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, mengumumkan rencana besar pemerintah dalam menata kembali gedung-gedung, termasuk gedung pertemuan di kawasan Pelabuhan Rambang, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut.

Dalam program ini, Hera menjelaskan bahwa fokus utama pemerintah adalah memperbaiki aset-aset kota agar tidak hanya tampak lebih rapi dan teratur, tetapi juga bertransformasi menjadi destinasi wisata. 

"Penataan ini bukan hanya di satu tempat, tetapi di banyak titik. Kami ingin mengubah kawasan-kawasan tersebut menjadi lebih baik, bahkan menjadi destinasi wisata kuliner," ungkap Hera saat ditemui di lokasi.

Tidak hanya menata ulang aset gedung, pemerintah juga menyoroti penataan kawasan permukiman di bantaran sungai. Hera menegaskan bahwa pemerintah kota sudah memiliki konsep yang matang untuk ini dan akan bekerja sama dengan pemerintah provinsi dalam pelaksanaannya. 

Sinergi antara pemerintah kota dan provinsi diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan tertata, terutama di area yang selama ini terkesan kumuh.

"Pemerintah kota akan bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk menata permukiman di bantaran sungai, agar dapat terlihat lebih baik dan tidak terlihat kumuh seperti sekarang," jelas Hera.

Sementara itu, khusus untuk gedung pertemuan di Pelabuhan Rambang, pemerintah memiliki rencana besar. Gedung ini akan disulap menjadi pusat wisata kuliner yang diharapkan menarik lebih banyak pengunjung. 

Wisata kuliner di kawasan pelabuhan tersebut sebenarnya sudah berjalan, namun Hera berkomitmen untuk melakukan penataan ulang agar kawasan ini lebih rapi dan nyaman untuk wisatawan.

"Wisata kuliner di Pelabuhan Rambang sudah berjalan, tetapi kami akan menatanya kembali agar tempatnya lebih baik dan menarik bagi para pengunjung," tutup Hera.

Dengan penataan ulang aset-aset kota ini, Palangka Raya tak hanya berbenah dari sisi infrastruktur, tetapi juga menata masa depan pariwisatanya. Pengunjung lokal maupun luar kota diharapkan bisa menikmati wajah baru Palangka Raya yang lebih tertata dan penuh daya tarik.

Pewarta: Andy Ariyanto 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda