Revitalisasi Puntun, Langkah Besar PJ Wali Kota Palangka Raya dalam Mengatasi Permukiman Kumuh - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

07 October 2024

Revitalisasi Puntun, Langkah Besar PJ Wali Kota Palangka Raya dalam Mengatasi Permukiman Kumuh


LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya – Penjabat (Pj) Walikota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat, terutama bagi wilayah yang berada di bantaran sungai. Salah satu daerah yang mendapat perhatian khusus adalah Puntun, di Kelurahan Pahandut, Kota Palangka Raya.

Dalam keterangannya, Hera Nugrahayu menegaskan bahwa revitalisasi wilayah Puntun menjadi salah satu prioritas utama pemerintah kota. “Fokus kami saat ini adalah menghilangkan kesan kumuh di wilayah Puntun dan membuatnya lebih tertata, layak huni, serta menjadi lingkungan yang mendukung kesejahteraan masyarakat,” ujar Hera. Senin (07/10/2024) 

Tak hanya menata permukiman, Hera juga mencanangkan berbagai program pembangunan yang menyentuh aspek sumber daya manusia (SDM), penanganan kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, hingga upaya perbaikan kebersihan lingkungan. 

Sejumlah perbaikan infrastruktur pun akan dimulai, salah satunya dengan perbaikan jalan-jalan titian di kawasan Puntun yang sebelumnya rusak dan menyulitkan akses warga.

Salah satu terobosan yang kini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi lokal adalah pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kehadiran destinasi wisata kuliner di Pelabuhan Rambang, yang terletak di wilayah Puntun, diharapkan menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat. 

Warga didorong untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan membentuk UMKM, yang saat ini mulai mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk keterlibatan pihak ketiga untuk pengembangan.

“Harapan kami kedepan, Puntun dapat menjadi destinasi wisata unggulan di Palangka Raya, bukan hanya untuk wisata kuliner tetapi juga untuk pemberdayaan masyarakat. Dengan demikian, wilayah ini tidak lagi terkesan kumuh, melainkan menjadi contoh perubahan yang positif,” lanjut Hera optimis.

Langkah-langkah strategis yang diambil oleh Hera Nugrahayu ini membawa harapan baru bagi masyarakat Puntun. Perlahan tapi pasti, transformasi wilayah yang sempat terpinggirkan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup warganya dan menjadi ikon baru Palangka Raya.

Pewarta: Andy Ariyanto


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda